bahsu al-masail

DISKRIPSI MASALAH

Sudah menjadi kebiasaan bahwa di desa-desa sebelum adzan muadzin membaca :
سبحان الله والحمد لله ولااله الاالله والله اكبر لاحول ولاقوة الابالله العلي العظيم
اللهم صل على سيدنامحمد وعلى آل سيدنا محمد الله ياكريم
PERTANYAAN
One.         Apakah ada nash syar`i terhadap kebiasaan tersebut ?
Two.        Bagaimana hukumnya sebelum adzan membaca lafadz tersebut ?

JAWABAN :
a.       Tidak ada nash syar`i sebab yang dimaksud nash syar`i adalah keterangan yang ada dalam Al-Qur`an, Al-Hadits dan apa yang ditetapkan oleh imam mujtahid (mujtahid mutlaq)

KETERANGAN DARI KITAB :
~ Fawaidul Janiyah Juz I Hal 94
المراد بالنص ما نص عليه الكتاب والسنة صراحة والاستنباط ما استفيد من الأدلة الشرعية بالقياس والقواعد ويطلق أيضا على ما نص عليه إمام المجتهد
(الفوائد الجنية جزء 1 ص 94)

b.      Pada dasarnya membaca lafadz tersebut (secara utuh ) hukumnya mubah, karena tidak ada nash syar`i yang menganjurkan atau melarangnya, akan tetapi apaila bacaan tersebut menimbulkan persangkaan orang awam bahwa hal itu sunnah atau wajib maka hukumnya makruh.

KETERANGAN DARI KITAB :
~ I`anathuttholibin Juz I Hal 271
~ Ahkamulfuqoha` Hal 95
قال الشافعي رضي الله عنه ما أحدث وخالف كتابا أوسنة أوإجماعا أوأثرا فهو البدعة الضالة وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة
(إعانة الطالبين جزء 1 ص 271)
وفي الدر النضيد لشيخ الإسلام الهروي ما نصه : كل مباح يؤدي إلى زعم الجهال بسنته أووجوبه فهو مكروه
(أحكام الفقهاء ص 95)

Catatan
Khusus bacaan sholawat dalam rangkaian diatas ada dua pendapat `ulama yang berbeda
a.       Sunnah menurut Imam Bakri
b.      Tidak sunnah menurut Syaikh `Iwadl dalam Hamisy Iqna`

KETERANGAN DARI KITAB :
~ I`anathutthalibin Juz 1 Hal 242
`  Hamisy Iqna` Guz I Hal 122
وتسن الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم قبل الإقامة على ماقاله النووي في شرح الوسيط واعتمده ابن زياد وقال الشيخ الكبير البكري انها تسن قبلها ولاتسن محمد رسول الله بعدهما ونقل عن النووي واعتمده ابن زياد انه يسن الإتيان بها في الإقامة وعن البكري سنها قبلهما
(إعانة الطا لبين جزء 1 ص 242)
(قوله بعد الفراغ من الأذان والإقامة) أما قبلهما ففي الإقامة يسن وفي الأذان لايسن
(هامش الإقناع جزء 1 ص 122)

* Hasil keputusan Bahtsul Masa`il I ex Kawedanan Pare tgl. 13-14 Agt.2001 M di Kwagean. 



Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler