Assalamualaikum
موسى وعيسى
Dua kalimat ini adalah dua nama yang dicangkok dari non arab kemudian diserap hingga menjadi nama arab kalau dalam istilah nahwunya Mu'arrob (non aran dijadikan arab)
Pertanyaan :
1. Alif dari afadz musa dan isa alif apa ? termasuk maqshurah atau alif ta'nits ?
2. Apakah kalimat tersebut mu'rob mengalami perubahan ketika mengalami pergantian Amil ? semisal kalau kemasukan amil jer dibaca jer dengan kasroh ?
3. Bisakah lafadz musa dan isa ditanwin ?
4. Apakah keduanya bisa dijamakkan ? kalau memang bisa dijamakkan kira-kira memaki tanda jamak muannats atau mudzakkar ? mengingat alifnya mirip alif muannats ?
Jawaban :
الاسماء الاعجمية تكتب كلها بالف طويلة سواء اعلام اشخاص او اعلام بلدان او مصطلحات مثل لوقا زليخا بجيرا الى ان قال .....عدا اربعة اسماء تكتب فيها بالف المقصورة هي موسى و عيسى متى كسرى
النحو العصري ص ٣٤١
Alif dari lafadz musa dan isa adalah alif maqshurah tapi juga termasuk alif ta'nits namun meskipun demikian lafadznya memakai alif ta'nits tapi secara makna mengandung makna laki-laki sehingga diwaktu jamaknyapun memakai tanda wawu dan nun yang mana wawu dan nun menunjukkan makna mudzakkar
اولا ترسم الفا في الاسماء الاعجمية مثل فرنسا ويافا وسوريا ما عدا اسماء هي موسى وعيسى وكسرى
المختصر فى النحو والاملاء ص١١١
Lafadz musa dan isa juga termasuk isim ghoiru munshorif sehingga ada amil apapun yang mau mempengaruhinya lafadz tersebut tidak bergeming dan tidak terpengaruhi olehnya karna keduanya termasuk isim ghoiru munshorif
ان الكلمة المقصورة ان كانت ممنوعة من الصرف مثل موسى على اعتباره ممنوعا من الصرف فانها تخضع لاحكام المنع المختلفة ومنها الجر بالفتحة المقدرة بدلا من الكسرة المقدرة
النحو الوافي ج ١ ص ١٨٩
Lafadznya mudzakkar yang memakai tanda muannats namun yang dipertimbangkan adalah maknanya sehingga ketika jamak mrmakai tanda-tanda mudzakkar
ibarotnya dibawah ini
انه لفظ فيه علامة التأنيث سمي به مذكرا يعقل فجمع بالواو والنون كالذي اخره الف التأنيث نحو موسى وعيسى فانك تقول في جمعه موسون وعيسون فكانت العلة في ذلك ان العبرة فيه بالمعنى والمعنى على التذكير فوجب ان يذكر بعلامة التذكير وهو الواو والنون
التبيين عن مذاهب النحويين البصريين والكوفيين ص ٢٢١
Kesimpulannya : lafadz musa dan isa itu adalah
• Isim maqshur
• isim ghoiru munshorif
• alif ta'nits lafdzan mudzakkar maknan
Group Telegram Korelasi nahwu mantiq
https://t.me/joinchat/OK8VShQOIvCDpRkTVPBZKQ
موسى وعيسى
Dua kalimat ini adalah dua nama yang dicangkok dari non arab kemudian diserap hingga menjadi nama arab kalau dalam istilah nahwunya Mu'arrob (non aran dijadikan arab)
Pertanyaan :
1. Alif dari afadz musa dan isa alif apa ? termasuk maqshurah atau alif ta'nits ?
2. Apakah kalimat tersebut mu'rob mengalami perubahan ketika mengalami pergantian Amil ? semisal kalau kemasukan amil jer dibaca jer dengan kasroh ?
3. Bisakah lafadz musa dan isa ditanwin ?
4. Apakah keduanya bisa dijamakkan ? kalau memang bisa dijamakkan kira-kira memaki tanda jamak muannats atau mudzakkar ? mengingat alifnya mirip alif muannats ?
Jawaban :
الاسماء الاعجمية تكتب كلها بالف طويلة سواء اعلام اشخاص او اعلام بلدان او مصطلحات مثل لوقا زليخا بجيرا الى ان قال .....عدا اربعة اسماء تكتب فيها بالف المقصورة هي موسى و عيسى متى كسرى
النحو العصري ص ٣٤١
Alif dari lafadz musa dan isa adalah alif maqshurah tapi juga termasuk alif ta'nits namun meskipun demikian lafadznya memakai alif ta'nits tapi secara makna mengandung makna laki-laki sehingga diwaktu jamaknyapun memakai tanda wawu dan nun yang mana wawu dan nun menunjukkan makna mudzakkar
اولا ترسم الفا في الاسماء الاعجمية مثل فرنسا ويافا وسوريا ما عدا اسماء هي موسى وعيسى وكسرى
المختصر فى النحو والاملاء ص١١١
Lafadz musa dan isa juga termasuk isim ghoiru munshorif sehingga ada amil apapun yang mau mempengaruhinya lafadz tersebut tidak bergeming dan tidak terpengaruhi olehnya karna keduanya termasuk isim ghoiru munshorif
ان الكلمة المقصورة ان كانت ممنوعة من الصرف مثل موسى على اعتباره ممنوعا من الصرف فانها تخضع لاحكام المنع المختلفة ومنها الجر بالفتحة المقدرة بدلا من الكسرة المقدرة
النحو الوافي ج ١ ص ١٨٩
Lafadznya mudzakkar yang memakai tanda muannats namun yang dipertimbangkan adalah maknanya sehingga ketika jamak mrmakai tanda-tanda mudzakkar
ibarotnya dibawah ini
انه لفظ فيه علامة التأنيث سمي به مذكرا يعقل فجمع بالواو والنون كالذي اخره الف التأنيث نحو موسى وعيسى فانك تقول في جمعه موسون وعيسون فكانت العلة في ذلك ان العبرة فيه بالمعنى والمعنى على التذكير فوجب ان يذكر بعلامة التذكير وهو الواو والنون
التبيين عن مذاهب النحويين البصريين والكوفيين ص ٢٢١
Kesimpulannya : lafadz musa dan isa itu adalah
• Isim maqshur
• isim ghoiru munshorif
• alif ta'nits lafdzan mudzakkar maknan
Group Telegram Korelasi nahwu mantiq
https://t.me/joinchat/OK8VShQOIvCDpRkTVPBZKQ
Tags
Sastra Arab