🔄 Pertanyaan :
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bagaimana hukumnya saat ada sumbangan yg di berikan kpd pihak panitia pondok pesantren yg akan mengadakan acara tertentu misal nya haul akbar lalu dana tersebut melebihi target, apakah boleh setelah selesai acara para panitia itu menggunakan dana kelebihannya utk di pakai hal lain misalnya membangun kamar mandi yg ada di pondok pesantren tersebut?
➡️ Jawaban :
Sumbangan itu statusnya termasuk sedekah, dimana yang namanya sedekah itu berkutat pada dua macam :
1. Sedekah umum yang tidak ditentukan penggunaannya.
2. Sedekah khusus yang sudah ditentukan penggunaannya.
• Adapun sedekah yang diberikan secara umum, itu boleh digunakan untuk apa saja. Sedangkan sedekah yang penggunaannya dibatasi, maka hanya boleh dialokasikan pada hal yang sudah ditentukan.
• Sedekah yang disebutkan penggunaannya dan terdapat indikasi yang membolehkan untuk digunakan kepada sesuatu yang lain, maka boleh untuk digunakan atau dialokasikan kepada sesuatu yang lain tersebut.
• Indikasi yang membolehkan penggunaannya bukan pada tempat yang ditentukan itu merujuk kepada pihak pemberi sumbangan atau pemberi sedekah.
• Terkait penggunaan sisa sumbangan atau sedekah acara tersebut untuk hal yang lain, itu dikembalikan kepada indikasi pihak pemberi.
📚 Keterangan :
📕 (حاشية القليوبي : ج ٣ ص ٢٠٥)
تنبيه: متى حل له الأخذ وأعطاه لأجل صفة معينة لم يجز له صرف ما أخذه في غيرها، فلو أعطاه درهما ليأخذ به رغيفا لم يجز له صرفه في إدام مثلا أو أعطاه رغيفا ليأكله لم يجز بيعه، ولا التصدق به، وهكذا إلا إن ظهرت قرينة بأن ذكر الصفة لنحو تجمل كقوله لتشرب به قهوة مثلا فيجوز صرفه فيما شاء
📕 (بغية المسترشدين : ج ١ ص ٣٦٧)
فرع : أعطى آخر دراهم ليشتري بها عمامة مثلا، ولم تدل قرينة حاله على أن قصده مجرد التبسط المعتاد لزمه شراء ما ذكر وإن ملكه لأنه ملك مقيد يصرفه فيما عينه المعطي
📕 (روضة الطالبين : ج ٥ ص ٣٦٨)
ﺍﻟﺘﺎﺳﻌﺔ ﺃﻋﻄﺎﻩ ﺩﺭﻫﻤﺎ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺩﺧﻞ ﺑﻪ ﺍﻟﺤﻤﺎﻡ ﺃﻭ ﺩﺭﺍﻫﻢ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺷﺘﺮ ﺑﻬﺎ ﻟﻨﻔﺴﻚ ﻋﻤﺎﻣﺔ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻓﻔﻲ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻘﻔﺎﻝ ﺃﻧﻪ ﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﺘﺒﺴﻂ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ ﻣﻠﻜﻪ ﻭﺗﺼﺮﻑ ﻓﻴﻪ ﻛﻴﻒ ﺷﺎﺀ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻏﺮﺿﻪ ﺗﺤﺼﻴﻞﻣﺎ ﻋﻴﻨﻪ ﻟﻤﺎ ﺭﺃﻯ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻌﺚ ﻭﺍﻟﻮﺳﺦ، ﺃﻭ ﻟﻌﻠﻤﻪ ﺑﺄﻧﻪ ﻣﻜﺸﻮﻑ ﺍﻟﺮﺃﺱ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺻﺮﻓﻪ ﺇﻟﻰ ﻏﻴﺮ ﻣﺎ ﻋﻴﻨﻪ
📕 (حاشية الجمل على شرح المنهج : ج ٣ ص ٥٩٤)
ولو أهدى إليه شيئا على أن يقضي له حاجة فلم يفعل لزمه رده إن بقي وإلا فبدله كما قاله الأسطخري فإن فعله حل انتهى.شرح ر م قال ع ش قوله لزمه رده أي فلو بذلها لشخص ليخلص له محبوسا مثلا فسعى في خلاصه ولم يتفق له ذالك وجب عليه رد الهدية لصاحبها لأن مقصوده لم يحصل نعم لو أعطاه ليشفع له فقط سواء قبلت شفاعته أو لا ففعل لم يجب الرد فيما يظهر لأنه فعل ما أعطاه لأجله
📕 (الفتوى الفقهية الكبرى : ج ٤ ص ٥٠)
(وسئل) بما له هل جواز الأخذ بعلم الا من كل شيء أم و طعام الياقة؟ (جاب) يقولي الي دل علي مم أنه غير موج دليك ووا يا غلبة الظ گالعلم في ذلك وجيني قمم ل ه أن الممالك يسمح له بالخير يء معين من ماء جار له ځه إن ان لا ته لومه ضمائه وإلا فلا
📝 Kesimpulannya :
Jika ada indikasi bahwa para pemberi sumbangan tidak akan mempermasalahkan atau membolehkan kalau dana sumbangannya dipakai untuk selain acara tersebut, maka boleh digunakan untuk membangun kamar mandi yang ada disana, apalagi dana itu tersisa setelah target untuk memenuhi kebutuhan acaranya telah selesai.
والله اعلم بالصواب
📎 Telegram : https://t.me/mengkajifiqih
Tags
Muamalah