Nasab Anak Hasil Zina



Assalamualaikum 

Ustadz ada pertanyaan,‎

Kalau laki-laki ( A ) dan perempuan melakukan zina lalu hamil, dan dalam keadaan hamil perempuan ini ‎menikah dengan laki-laki lain ( B ). Lalu setelah lahir anak ini bernasab kepada siapa? Syukron.‎

Wa'alaikumussalam, Wr. Wb.‎

‎------------------------

JAWABAN :‎

Wa’alaikumussalam, Wr. Wb.‎


Bismillahirrahmanirrahim,‎

 Masalah nasab anak hasil perzinahan seperti catatan sebelumnya terdapat rincian sebagaimana berikut:‎


A.‎ Apabila anak tersebut dilahirkan lebih dari enam bulan dari pernikahan (masa minimal mengandung) ‎dan kurang dari empat tahun (masa maksimal mengandung) setelah akad nikahnya, maka disini ada ‎dua hukum, yakni:‎

‎1)‎ Apabila ada kemungkinan bahwa anak tersebut berasal dari suami yang menikahi perempuan ‎‎/ibu dari anak tersebut, misalnya karena terjadi hubungan badan antara keduanya setelah ‎akad nikah, maka anak tersebut tetap bernasab kepada suami. Maka disini berlaku hukum-‎hukum anak seperti hukum waris, perwalian nikah, dll. Disini sang suami diharamkan me-‎li’an istrinya atau meniadakan nasab anak tersebut darinya (tidak boleh tidak mengakui ‎sebagai anaknya).‎


‎2)‎ Apabila tidak ada kemungkinkan anak tersebut berasal dari suami sang Ibu / tidak ada ‎kemungkinan hasil dari setelah pernikahan, misalnya karena belum pernah berhubungan ‎badan semenjak akad nikah hingga melahirkan, maka hukum anak yang dilahirkan hanya ‎bernasab kepada ibunya, dan wajib bagi suami untuk me-li’an dengan meniadakan nasab ‎anak tersebut darinya (tidak mengakui sebagai anaknya). Hal ini untuk menjaga agar tidak ‎terjadi hak waris kepada anak.‎


B.‎ Apabila anak tersebut dilahirkan kurang dari enam bulan atau lebih dari empat tahun dari ‎pernikahan, maka anak tersebut tidak bisa dinasabkan kepada suami.‎


Dan perlu diketahui bahwa hukum Menikahi wanita hamil diluar nikah adalah boleh ‎dan sah. Hanya saja pernikahan yang dilakukan oleh perempuan tersebut apabila dilakukan dengan ‎tujuan menutupi aib pelaku atau agar suaminya bisa menjadi ayah dari anak yang berada di dalam ‎kandungan, maka hukum melakukannya adalah haram dan wajib bagi penguasa untuk membatalkan ‎acara pernikahan itu. 

Bagi yang menghalalkan acara itu dengan tujuan di atas, dihukumi murtad atau ‎keluar dari agama Islam. 

Disini terdapat penipuan nasab dengan berkedok agama sehingga mengakui ‎bayi yang lahir sebagai anaknya padahal itu anak diluar nikah.‎

Demikian keterangan yang biasa kita jumpai dalam pembahasan masalah status anak hasil diluar ‎pernikahan yang sah. Dan sebagai sikap tengah-tengah untuk permasalahan yang ditanyakan, ‎berdasarkan berbagai keterangan para ulama maka kami menyimpulakan, bahwa :‎

Jika anak (janin) tersebut lahir pada saat ibunya belum dinikahi siapapun, maka anak itu ‎bernasab kepada ibunya saja. Kecuali menurut pendapat dari ‘Urwah bin Zubair, Sulaiman bin ‎Yassar, Al-Hasan, Ibnu Sirin, Nakha’i, dan Ishaq (yakni anak tersebut dinasabkan pada ayah ‎biologisnya walaupun tidak terjadi pernikahan dengan ibu biologisnya).‎


Jika anak tersebut lahir setelah ibunya dinikahi baik oleh ayah biologisnya atau orang lain, di sini ‎ada tafsil (rincian) :‎

a)‎. Jika (janin) lahir lebih dari 6 bulan (dari akad nikah), maka nasab anak itu jatuh kepada ‎suami ibunya, [dan dia (suaminya) wajib menafikannya (tidak mengakuinya sebagai ‎anak) apabila yang menikahinya itu bukan lelaki yang berzina dengannya, menurut ‎pandangan Sayyid Ba Alwi Al-Hadrami, kendati anak tersebut bernasab secara zhahir ‎kepadanya]. 

Tetapi,‎

b)‎. Jika lahir kurang dari 6 bulan (dari akad nikah), maka anak itu tidak bisa bernasab ‎kepada suami ibunya, kecuali menurut imam Abu Hanifah; yakni anak tersebut tetap ‎bernasab kepada suaminya (bila yang menikahinya yaitu ayah biologisnya) meskipun ‎sehari sebelum kelahirannya.‎


CATATAN :‎

Apabila seorang perempuan bersuami berselingkuh, dan melakukan hubungan zina dengan lelaki ‎selingkuhannya sampai hamil, maka status anaknya saat lahir adalah anak dari suaminya yang sah; ‎bukan anak dari pria selingkuhannya. Bahkan, walaupun pria yang menzinahinya mengklaim bahwa itu ‎anaknya. Sebagai anak dari laki-laki yang menjadi suami sah ibunya, maka anak berhak atas segala hak ‎nasab (kekerabatan) dan hak waris termasuk wali nikah apabila anak tersebut perempuan. Ini adalah ‎pendapat ijmak (kesepakatan) para ulama dari keempat madzhab sebagaimana disebutkan dalam kitab ‎Al-Tamhid bahwa: “Ulama sepakat atas hal itu berdasarkan hadits Nabi; di mana Rasulullah telah ‎menjadikan setiap anak yang lahir atas firasy [istri] bagi seorang laki-laki, maka dinasabkan pada ‎suaminya dalam keadaan apapun, kecuali apabila suami yang sah tidak mengakui anak tersebut dengan ‎cara li’an berdasar hukum li’an. Ulama juga sepakat bahwa wanita merdeka menjadi istri yang sah ‎dengan akad serta mungkinnya hubungan intim dan hamil. Apabila dimungkinan dari suatu akad nikah ‎itu terjadinya hubungan intim dan kehamilan, maka anak yang lahir adalah bagi suami [Shahibul ‎Firasy]. Tidak bisa dinafikan darinya selamanya walaupun ada klaim dari pria lain, dan juga tidak ‎dengan cara apapun, kecuali dengan li’an”.‎

Pandangan serupa juga dinyatakan oleh imam Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni bahwa: “Ulama ‎sepakat bahwa apabila seorang anak lahir dari perempuan yang bersuami kemudian anak itu diakui ‎oleh lelaki lain, maka pengakuan itu tidak diakui. Perbedaan ulama hanya pada kasus di mana seorang ‎anak lahir dari perempuan yang tidak menikah”.‎

Wallahu A'lam Bish-shawab...‎


REFERENSI :‎

‎1.‎ Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu, Juz IX, Hal. 6648 (Maktabah Syamilah Apk.)‎

 ‎2.‎ Al-Hawi Al-Kabir, Juz VIII, Hal. 162 (Maktabah Syamilah Apk.)‎

 ‎3.‎ Mughni Al-Muhtaj, Juz V, Hal. 61 (Maktabah Syamilah Apk.)‎

 ‎4.‎ Al-Bayan Fi Madzhab Al-Imam Al-Syafi’i, Juz X, Hal. 418 (Maktabah Syamilah Apk.)‎

 ‎5.‎ Bughyatu Al-Mustarsyidin, Hal. 386-387 (Daar Al-Fikr)‎

 ‎6.‎ Bughyatu Al-Mustarsyidin, Hal. 408-409 (Daar Al-Fikr)‎

 ‎7.‎ Al-Tamhid Limaa Fi Al-Muwaththa`, Juz VIII, Hal. 183 (Al-Marji’ Al-Akbar Apk.)‎

 ‎8.‎ Al-Mughni ‘Ala Mukhtashar Al-Kharqi, Juz IX, Hal. 215 (Al-Marji’ Al-Akbar Apk.)‎

‏ 

 الفقه الإسلامي وأدلته ج ٩ ص ٦٦٤٨ المكتبة الشاملة

يحل بالاتفاق للزاني أن يتزوج بالزانية التي زنى بها، فإن جاءت بولد بعد مضي ستة أشهر من وقت العقد عليها، ‏ثبت نسبه منه، وإن جاءت به لأقل من ستة أشهر من وقت العقد لا يثبت نسبه منه، إلا إذا قال: إن الولد منه، ولم ‏يصرح بأنه من الزنا. إن هذا الإقرار بالولد يثبت به نسبه منه لاحتمال عقد سابق أو دخول بشبهة، حملاً لحال ‏المسلم على الصلاح وستراً على الأعراض. أما زواج غير الزاني بالمزني بها، فقال قوم كالحسن البصري: إن ‏الزنا يفسخ النكاح. وقال الجمهور: يجوز الزواج بالمزني بها. إهـ


الحاوي الكبير ج ٨ ص ١٦٢ المكتبة الشاملة

فَأَمَّا إِنْ كَانَتِ الزانية خلية وليست فراشا لأحد يلحقها ولدها فمذهب الشافعي أَنَّ الْوَلَدَ لَا يَلْحَقُ بِالزَّانِي، وَإِنِ ادَّعَاهُ ‏وَقَالَ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ: يَلْحَقُهُ الْوَلَدُ إِذَا ادَّعَاهُ بعد قيام البنية وبه قال ابن سيرين وإسحاق ابن رَاهَوَيْهِ وَقَالَ إِبْرَاهِيمُ ‏النَّخَعِيُّ يَلْحَقُهُ الْوَلَدُ إِذَا ادعاه بعد الحد ويلحقه إذا ملك الموطوة وَإِنْ لَمْ يَدِّعِهِ وَقَالَ أبو حنيفة إِنْ تَزَوَّجَهَا قَبْلَ ‏وَضْعِهَا وَلَوْ بِيَوْمٍ لَحِقَ بِهِ الْوَلَدُ، وَإِنْ لَمْ يَتَزَوَّجْهَا لَمْ يَلْحَقْ بِهِ. إهـ


مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج ج ٥ ص ٦١ المكتبة الشاملة

تَنْبِيهٌ: سَكَتَ الْمُصَنِّفُ عَنْ الْقَذْفِ وَقَالَ الْبَغَوِيّ: إنْ تَيَقَّنَ مَعَ ذَلِكَ زِنَاهَا قَذَفَهَا وَلَاعَنَ وَإِلَّا فَلَا يَجُوزُ؛ لِجَوَازِ كَوْنِ ‏الْوَلَدِ مِنْ وَطْءِ شُبْهَةٍ، وَطَرِيقُهُ كَمَا قَالَ الزَّرْكَشِيُّ، أَنْ يَقُولَ: هَذَا الْوَلَدُ لَيْسَ مِنِّي وَإِنَّمَا هُوَ مِنْ غَيْرِي، وَأَطْلَقَ ‏وُجُوبَ نَفْيِ الْوَلَدِ، وَمَحِلُّهُ إذَا كَانَ يَلْحَقُهُ ظَاهِرًا. إهـ


البيان في مذهب الإمام الشافعي ج ١٠ ص ٤١٨ المكتبة الشاملة

وإن تزوج امرأة، وأتت بولد لأقل من ستة أشهر من حين العقد.. انتفى عنه بغير لعان؛ لأن أقل مدة الحمل ستة ‏أشهر بالإجماع، فيعلم أنها علقت به قبل حدوث الفراش. إهـ


بغية المسترشدين ص ٣٨٦-٣٨٧ دار الفكر

‏(مسألة ي ش) : نكح حاملاً من الزنا فولدت كاملاً كان له أربعة أحوال؛ إما منتف عن الزوج ظاهراً وباطناً من ‏غير ملاعنة، وهو المولود لدون ستة أشهر من إمكان الاجتماع بعد العقد أو لأكثر من أربع سنين من آخر إمكان ‏الاجتماع، وإما لاحق به وتثبت له الأحكام إرثاً وغيره ظاهراً، ويلزمه نفيه بأن ولدته لأكثر من الستة وأقل من ‏الأربع السنين، وعلم الزوج أو غلب على ظنه أنه ليس منه بأن لم يطأ بعد العقد ولم تستدخل ماءه، أو ولدت لدون ‏ستة أشهر من وطئه، أو لأكثر من أربع سنين منه، أو لأكثر من ستة أشهر بعد استبرائه لها بحيضة وثم قرينة ‏بزناها، ويأثم حينئذ بترك النفي بل هو كبيرة، وورد أن تركه كفر، وإما لاحق به ظاهراً أيضاً ، لكن لا يلزمه نفيه ‏إذا ظن أنه ليس منه بلا غلبة، بأن استبرأها بعد الوطء وولدت به لأكثر من ستة أشهر بعده، وثم ريبة بزناها، إذ ‏الاستبراء أمارة ظاهرة على أنه ليس منه، لكن يندب تركه، لأن الحامل قد تحيض، وإما لاحق به ويحرم نفيه بل ‏هو كبيرة، وورد أنه كفر، إن غلب على ظنه أنه منه، أو استوى الأمران بأن ولدته لستة أشهر فأكثر إلى أربع ‏سنين من وطئه، ولم يستبرئها بعده أو استبرأها وولدت بعده بأقل من الستة، بل يلحقه بحكم الفراش، كما لو علم ‏زناها واحتمل كون الحمل منه أو من الزنا، ولا عبرة بريبة يجدها من غير قرينة. فالحاصل أن المولود على ‏فراش الزوج لاحق به مطلقاً إن أمكن كونه منه، ولا ينتفي عنه إلا باللعان والنفي، تارة يجب، وتارة يحرم، وتارة ‏يجوز، ولا عبرة بإقرار المرأة بالزنا، وإن صدقها الزوج، وظهرت أماراته. إهـ


‏ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ ﺹ ٤٠٨-٤٠٩ دار الفكر

‏( مسألة ‏) ﻣﻠﺨﺼﺔ ﻣﻊ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻣﻦ ﺍﻹﻛﺴﻴﺮ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﻟﻠﺸﺮﻳﻒ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﻋﻨﻘﺎﺀ ﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻟﻠﻔﺮﺍﺵ ﺍﻟﺦ، ﺇﺫﺍ ‏ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﺮﺍﺷﺎ ﻟﺰﻭﺟﻬﺎ ﺃﻭ ﺳﻴﺪﻫﺎ ﻓﺄﺗﺖ ﺑﻮﻟﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻣﻨﺴﻮﺑﺎ ﻟﺼﺎﺣﺐ ﺍﻟﻔﺮﺍﺵ، ﻻ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺰﺍﻧﻲ، ﻓﻼ ‏ﻳﻠﺤﻘﻪ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻭﻻ ﻳﻨﺴﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﻇﺎﻫﺮﺍ ﻭﻻ ﺑﺎﻃﻨﺎ ﻭﺇﻥ ﺍﺳﺘﻠﺤﻘﻪ، ﻭﻣﻦ ﻫﻨﺎ ﻳﻌﻠﻢ ﺷﺪﺓ ﻣﺎ ﺍﺷﺘﻬﺮ ﺃﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﺯﻧﻰ ﺷﺨﺺ ﺑﺈﻣﺮﺃﺓ ‏ﻭﺃﺣﺒﻠﻬﺎ ﺗﺰﻭﺟﻬﺎ ﻭﺍﺳﺘﻠﺤﻖ ﺍﻟﻮﻟﺪ، ﻓﻮﺭﺛﻪ ﻭﻭﺭﺛﻪ ﺯﺍﻋﻤﺎ ﺳﺘﺮﻫﺎ، ﻭﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺃﺷﺪ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮﺍﺕ ﺍﻟﺸﻨﻴﻌﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻻ ﻳﺴﻊ ﺃﺣﺪﺍ ‏ﺍﻟﺴﻜﻮﺕ ﻋﻨﻬﺎ، ﻓﺈﻧﻪ ﺧﺮﻕ ﻟﻠﺸﺮﻳﻌﺔ ﻭﻣﻨﺎﺑﺬﺓ ﻷﺣﻜﺎﻣﻬﺎ، ﻭﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺰﻟﻪ ﻣﻊ ﻗﺪﺭﺗﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻓﻬﻮ ﺷﻴﻄﺎﻥ ﻓﺎﺳﻖ ‏ﻭﻣﺪﺍﻫﻦ ﻣﻨﺎﻓﻖ، ﻭﺃﻣﺎ ﻓﺎﻋﻠﻪ ﻓﻜﺎﺩ ﻳﺨﻠﻊ ﺭﺑﻘﺔ ﺍﻹﺳﻼﻡ، ﻷﻧﻪ ﻗﺪ ﺃﻋﻈﻢ ﺍﻟﻌﻨﺎﺩ ﻟﺴﻴﺪ ﺍﻷﻧﺎﻡ ﻣﻊ ﻣﺎ ﺗﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻠﻪ ﻣﻦ ‏ﺍﻟﻤﻨﻜﺮﺍﺕ، ﻭﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﻣﻨﻬﺎ ﺣﺮﻣﺎﻥ ﺍﻟﻮﺭﺛﺔ ﻭﺗﻮﺭﻳﺚ ﻣﻦ ﻻ ﺷﻲﺀ ﻟﻪ ﻣﻊ ﺗﺨﻠﻴﺪ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻄﻮﻥ ﺑﻌﺪﻩ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﺻﻴﺮ ‏ﻭﻟﺪ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺑﺎﺳﺘﻠﺤﺎﻗﻪ كإﺑﻨﻪ ﻓﻲ ﺩﺧﻮﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﺎﺭﻡ ﺍﻟﺰﺍﻧﻲ، ﻭﻋﺪﻡ ﻧﻘﺾ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺑﻤﺴﻬﻦ ﺃﺑﺪﺍ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻭﻻﻳﺘﻪ ﻭﺗﺰﻭﻳﺠﻪ ‏ﻧﺴﺎﺀ ﺍﻟﺰﺍﻧﻲ ﻛﺒﻨﺎﺗﻪ ﻭﺃﺧﻮﺗﻪ، ﻭﻣﻦ ﻟﻪ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻻﻳﺔ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻣﺴﻮﻍ ﻓﻴﺼﻴﺮ ﻧﻜﺎﺣﺎ ﺑﻼ ﻭﻟﻲ، ﻓﻬﺬﻩ ﺃﻋﻈﻢ ﻭﺃﺷﻨﻊ، ﺇﺫ ﻳﺨﻠﺪ ‏ﺫﻟﻚ ﻓﻴﻪ ﻭﻓﻲ ﺫﺭﻳﺘﻪ، ﻭﻳﻠﻪ ﻓﻤﺎ ﻛﻔﺎﻩ ﺃﻥ ﺍﺭﺗﻜﺐ ﺃﻓﺤﺶ ﺍﻟﻜﺒﺎﺋﺮ ﺣﻴﺚ ﺯﻧﻰ ﺣﺘﻰ ﺿﻢ ﺇﻟﻰ ﺫﻟﻚ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺃﺷﺪ ﺣﺮﻣﺔ ﻣﻨﻪ ‏ﻭﺃﻓﺤﺶ ﺷﻨﺎﻋﺔ، ﻭﺃﻱ ﺳﺘﺮ ﻭﻗﺪ ﺟﺎﺀ ﺷﻴﺌﺎ ﻓﺮﻳﺎ، ﻭﺃﺣﺮﻡ ﺍﻟﻮﺭﺛﺔ ﻭﺃﺑﻘﺎﻩ ﻋﻠﻰ ﻛﺮﻭﺭ ﺍﻟﻤﻠﻮﻳﻦ، ﻭﻛﻞ ﻣﻦ ﺍﺳﺘﺤﻞ ﻫﺬﺍ ﻓﻬﻮ ‏ﻛﺎﻓﺮ ﻣﺮﺗﺪ ﺧﺎﺭﺝ ﻋﻦ ﺩﻳﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ، ﻓﻴﻘﺘﻞ ﻭﺗﺤﺮﻕ ﺟﻴﻔﺘﻪ ﺃﻭ ﺗﻠﻘﻰ ﻟﻠﻜﻼﺏ، ﻭﻫﻮ ﺻﺎﺋﺮ ﺇﻟﻰ ﻟﻌﻨﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﺬﺍﺑﻪ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ، ‏ﻓﻴﺠﺐ ﻣﺆﻛﺪﺍ ﻋﻠﻰ ﻭﻻﺓ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﺯﺟﺮﻫﻢ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ، ﻭﺗﻨﻜﻴﻠﻬﻢ ﺃﺷﺪ ﺍﻟﺘﻨﻜﻴﻞ، ﻭﻋﻘﺎﺑﻬﻢ ﺑﻤﺎ ﻳﺮﻭﻋﻬﻢ، ﻭﻗﺪ ﻋﻠﻢ ﺑﺬﻟﻚ ﺷﺪﺓ ‏ﺧﻄﺮ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻭﺃﻧﻪ ﻣﻦ ﺃﻛﺒﺮ ﺍﻟﻜﺒﺎﺋﺮ. إهـ


التمهيد لما في الموطاء من المعاني والأسانيد ج 8 ص 183 المرجع الأكبر

وأجمعت الأمة على ذلك، نقلا عن نبيها وجعل رسول الله صلى الله عليه وسلّم كل ولد يولد على فراش لرجل ‏لاحقا به على كل حال، إلى أن ينفيه بلعان. على حكم اللعان وقد ذكرناه في موضعه من كتابنا هذا واجمعت ‏الجماعة من العلماء أن الحرة فراش، بالعقد عليها مع إمكان الوطء وإمكان الحمل، فإذا كان عقد النكاح يمكن ‏معه الوطء والحمل فالولد لصاحب الفراش، لا ينتفي عنه أبدا بدعوى غيره ولا بوجه من الوجوه إلا باللعان. إهـ


المغني على مختصر الخرقي ج 9 ص 215 المرجع الأكبر

وأجمعوا على أنه إذا ولد على فراش رجل فادعاه آخر أنه لا يلحقه وإنما الخلاف فيما إذا ولد على غير فراش. إهـ

‎----------------------

MUSYAWWIRIN :‎

Member Group Majelis Ta’lim Tanah Merah (MTTM)‎

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler