Hukum Terasi
gimana hukumnya terasi,ada yang bilang boleh dimakan tapi najis ?
Jawaban : Kita tahu
bahwa pembuatan terasi adalah dari ikan ikan kecil yang digiles bareng dengan
kotoran-kotorannya .Apakah dengan adanya kotoran kita tidak boleh memasak
dengan terasi? Dalam hal ini Imam Ibnu
Hajar dan Imam Romli sepakat bahwa apa saja yang terdapat dalam ikan-ikan
kecil, baik darah atau kotorannya dianggap suci dan diperbolehkan memakannya
meskipun bersamaan kotorannya .Bahkan Imam Romli memutlakkan ,baik ikan besar
atau kecil sama saja ( dihukumi suci ).
Namun menurut Imam Ruyani kotoran ikan baik ikan kecil maupun ikan
besar termasuk najis yang tidak dimaafkan.
Referensi
@ Nihayah
al-Zain hal 43
@ Bughyah
al-Mustarsyidin hal 31
@ Asybah
wa al-Nadhoir hal 78
&
نهاية الزين (ص: 43) الحرمين
وأمَّا حُكْمُ الرَّوْثُ
فيُعْفَى عَنْهُ في السَّمَكِ الصَّغِيرِ دُوْنَ الْكَبيرِ فَلاَ يَجُوزُ أكْلُهُ
إذاَ لَمْ يُنْزَعْ مَا فيِ جَوْفِهِ لاِمْتِزَاجِ لَحْمِهِ بفُضُلاَتِهِ الَّتي
في بَاطِنِهِ بوَاسِطَةِ الْمِلْحِ
&
بغية المسترشدين (ص: 31)
وقد اتَّفَقَ
ابْنَا حَجَر وزِيَادٍ و م ر وَغَيْرُهُمْ عَلى طَهارَةِ مَا فيِ جَوْفِ السَّمَكِ
الصَّغيرِ مِنَ الدَّمِ وَالرَّوْثِ ، وَجَوَازِ أكْلِهِ مَعَهُ ، وأنَّهُ لاَ
يَنْجُسُ بهِ الدَّهْنُ ، بَلْ جَرَى عَلَيْهِ م ر الْكَبِيْرَ أيْضاً ، ولأنَّ لَنَا
قَوْلاً قَوِيّاً أنّ السَّمَكَ لاَ دَمٌ لَهُ لأنَّهُ يَبْيَضُّ إذاَ وُضِعَ في
الشَّمْسِ
&
الأشباه و النظائر (ص: 78)
لاَ يُعْفَى
عَنْ مَنْفَذِ الآدَمِيّ, لإمْكَانِ صَوْنِه عَنِ الماءِ وَنَحْوِه, وَرَوْثِ مَا
نَشْؤُهُ فيِ الماءِ والْمَائِع, ومَا فيِ جَوْفِ السَّمَكِ الصِّغَارِ عَلى وَجْهٍ
اخْتَارَهُ الرُّوْيَانِي