standar hitungan sebuah tafsir

    Tafsir Al Qur-an yang banyak muncul  belakangan ini, seperti terbitan Jiddah / terbitan timur tengah lainnya sangat beragam bentuknya. Ada yang penulisannya disendirikan diluar garis, ada pula yang dibawah dari tulisan Al Qur-an nya. Cara penulisannya pun berbeda-beda, ada yang tidak diulangi ayatnya, ada pula yang diulangi ayatnya baru kemudian ditafsiri.

Pertanyaan :
a.       Apakah yang dijadikan standar hitungan sebuah tafsir yang sehingga dapat dikatakan lebih banyak tafsirnya atau lebih banyak Al Qur-annya ?.
b.      Apakah ayat yang diulangi tersebut juga dihitung sebagai Al- Qur-an yang dapat mempengaruhi banyaknya ayat ?.
c.       Jika bentuk tafsirnya sangat kecil sekali, sehingga yang nampak hanya Al Qur-annya, apakah sama statusnya ?.
d.      Aapakah terjemah yang ditulis dengan huruf selain Arab (bahasa Indonesia) dikategorikan tafsir ?.
(PP. Lirboyo Kediri)  

Jawaban a:
Yang dijadikan standarnya adalahnya jumlah huruf. Kalau Al Qur-an menggunakan khoth Utsmani, kalau tafsir menggunakan kaidah khot.

Jawaban b :
Ayat Al Qur-an yang diulangi tersebut termasuk Al Qur-an yang dapat mempengaruhi hitungan banyaknya ayat.

Jawaban c :
Statusnya sama sekalipun tafsirnya sangat kecil sekali.
        
Referensi : (a.b.c.) 
1.      Al Bajuri  Juz I Hal. 117.
2.      Bujairomi Alal Khothib Juz I Hal. 317 – 318.

1-وفى الباجورى على فتح القريب للشيخ ابرهيم الباجورى ما نصه :
{قوله وفى تفسير أكثر من القرآن} - الى أن قال – والعبرة فى الكثرة والقلة بالخط العثمانى فى المصحف وبقاعدة الخط فى التفسير اهـ .

2-وفى البجيرمى على الخطيب للشيخ سليمان البجيرمى  ما نصه :
والعبرة بالكثرة فى الحروف الرسمية بالرسم العثمانى فى القرآن وبرسم الخط فى التفسير – الى أن قال _ وقال العلامة العبادى العبرة باللفظ مطلقا ق ل مع الزيادة وعبارة م ر والأوجه أن العبرة بالقلة والكثرة باعتبارالحروف لا الكلمات – الى أن قال – ولوكتب بهامش مصحف تفسيرا فهوكالتفسير الممازج لأنهم أطلقوا التفسير ولم يفرقوا بين المتميز وغيره على ما اعتمده ق ل خلافا لمن قال بالحرمة وقال انه مصحف اهـ.    
Jawaban d :
Tarajamah yang di tulis dengan huruf selain arab (bahasa Indonesia) di kategorikan Tafsir.

Referensi : 1. Faidlul Khobir Hal. 27.

1-وفى فيض الخبير للسيد علوي بن السيد عباس المالكي ما نصه :

وان التفسير : هو التوضيح لكلام الله تعالى سواء كانت بلغة الأصل {اللغة العربية} أم بغيرها ، بطريق اجمالي أو تفسيري ، متناولا كافة المعانى والمقاصد أو مقتصرا على بعضها دون بعض اهـ.

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler