ROKAAT WITIR TIDAK SAMA DG IMAM


#007
ROKAAT WITIR TIDAK SAMA DG IMAM
Shalat witir di bulan ramadhan yg dilakukan secara berjamaah, sudah menjadi kebiasaan di masyarakat saat melaksanakannya, ada yg 2x salam (2 rakaat + 1 rakaat) dan ada yg 1x salam (3 rakaat sekaligus).

Pertanyaan:
1️⃣ Bagaimana hukumnya ketika imam niatnya 1x salam (langsung 3 rakaat) sedangkan makmum niatnya 2x salam (2 rakaat + 1 rakaat). Apakah shalat makmum sah? Sedangkan makmum tdk tahu ternyata shalat imam langsung 3 rakaat, padahal biasanya shalat di situ 2 rakaat + 1 rakaat.

Jawaban:
Sholat makmum sah, ketika niat 2 rakaat dan salam pada rakaat ke dua (sesuai niatnya), meskipun imam melakukan sholat 3 rakaat.

📜 Nb; dua kali salam (الفصل) itu lebih utama dari pada 1 kali salam (الوصل)
Dan bahkan 3 rakaat 1 kali salam itu justru makruh.

2️⃣ Apa yg harus dilakukan makmum ketika itu? Apakah makmum harus memperbaharui niat atau tetap dg niat yg awal yaitu 2 rakaat?

Jawaban:
Tetap dg niat awal 2 roka'at.
Di dalam sholat witir jika musholli sudah niat berapa rakaat (sudah di tentukan jumlah raka'atnya) maka dia tidak boleh utk menambah atau mengurangi.
Jadi, dia melakukan witir sesuai dg niatnya saat takbirul ihrom.

3️⃣ Bagaimana jika sebaliknya, Imam niatnya 2x salam sedangkan makmum 1x salam? Apakah makmum harus ikut salam imam walaupun makmum niatnya 3 rakaat? atau bagaimana? Apa yg harus dilakukan makmum?

Jawaban:
Tetep sesuai dg niatnya

4️⃣ Bagaimana solusi bagi makmum ketika tdk mengetahui brp rakaat yg akan dikerjakan imam? Apakah makmum cukup niat shalat tanpa menyebutkan rakaatnya? atau bagaimana solusinya?

Jawaban:
solusinya .. jika memang masih saja sering terjadi spt ini (ketidak sinkronan antara imam dan makmum) maka sebaiknya niatnya tidak usah di tentukan rakaatnya dengan demikian, maka dia boleh menjadikan witirnya sesuai keinginannya.

📚 Referensi :

📖 كاشفة السجا ٣٤٢
(و) تاسعها: (أن يتوافق نظم صلاتهما) أي نهجها الواضح في الأفعال الظاهرة وإن اختلفا عدداً فلا يصح الاقتداء مع اختلافه كمكتوبة خلف كسوف وبالعكس لتعذر المتابعة، ولا يضر اختلاف نية الإمام والمأموم لعدم فحش المخالفة فيهما فيصح اقتداء المفترض بالمتنفل والمؤدي بالقاضي وفي طويلة بقصيرة كظهر بصبح وبالعكوس لكنه مكروه ومع ذلك تحصل فضيلة الجماعة.

📖 اعانة الطالبين ١/ ٢٨٩
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻳﺠﺮﻱ ﺫﻟﻚ اﻟﺦ) ﺇﺳﻢ اﻹﺷﺎﺭﺓ ﻳﻌﻮﺩ ﻋﻠﻰ ﻋﺪﻡ ﺟﻮاﺯ اﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻭاﻟﻨﻘﺺ ﻓﻴﻤﺎ ﺇﺫا ﻧﻮﻯ ﻋﺪﺩا.
اﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﻣﻦ اﻟﺤﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻓﻲ اﻟﻮﺗﺮ ﻣﻦ ﺇﻟﺤﺎﻗﻪ ﺑﺎﻟﻨﻔﻞ اﻟﻤﻄﻠﻖ، ﻭﺃﻧﻪ ﺇﺫا ﻧﻮﻯ ﻋﺪﺩا ﻓﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺰﻳﺪ ﺃﻭ ﻳﻨﻘﺺ ﻋﻨﻪ ﺑﺄﻧﻪ ﻏﻠﻂ ﺻﺮﻳﺢ *ﻭاﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻧﻪ ﺇﺫا ﻧﻮﻯ ﻋﺪﺩا ﻓﻲ اﻟﻮﺗﺮ ﻓﻠﻴﺲ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺰﻳﺪ ﻋﻨﻪ ﺃﻭ ﻳﻨﻘﺺ* ومثله ما إذا نوى عددا في سنة الظهر بأن قال: نويت سنة الظهر الأربع، فليس له أن ينقص عنه.

📖 إعانة الطالبين ,١/ ٢٨٩
ويجوز لمن زاد على ركعة الفصل بين كل ركعتين بالسلام - *وهو أفضل من الوصل* - بتشهد أو تشهدين في الركعتين الاخيرتين، ولا يجوز الوصل بأكثر من تشهدين.
*والوصل خلاف الاولى، فيما عدا الثلاث، وفيها مكروه للنهي عنه في خبر: ولا تشبهوا الوتر بصلاة المغرب*
(قوله: والوصل خلاف الأولى فيما عدا الثلاث الخ) الذي يظهر من صنيعه إن المراد أن الوصل في غير الثلاث من بقية الركعات خلاف الأولى، وأن الوصل في الثلاث الركعات مكروه، سواء صلاها فقط أو صلى أكثر منها وهذا هو مقتضى التشبيه بصلاة المغرب، لكن في بعض العبارات ما يدل على أن الوصل مكروه إذا أتى بثلاث ركعات فقط، فإن أتى بأكثر فخلاف الأولى.
ومن ذلك عبارة الأستاذ أبي الحسن البكري، ونصها: ويكره الوصل عند الإتيان بثلاث ركعات، فإن زاد ووصل فخلاف الأولى.

📖 إعانة الطالبين ,١/ ٢٨٨
ولو أحرم بالوتر ولم ينو عددا صح، واقتصر على ما شاء منه على الاوجه.
ـــــــــــــــــــــــــــــ
(قوله: ولم ينو عددا) أي بأن قال: نويت الوتر، وأطلق.
(قوله: صح) أي إحرامه.
(قوله: واقتصر على ما شاء منه) أي من الوتر.
أي فإن شاء أن يقتصر على واحدة فله ذلك، وإن شاء أن يقتصر على ثلاث فله ذلك، وهكذا.
وقال سم: الذي اعتمده شيخنا الشهاب الرملي إن إحرامه ينحط على ثلاث.

hamba Tuhan

Penting ngaji

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler