BAHTSUL MASAIL TINGKAT IDAROH SYU'BIYAH KEBUMEN DALAM RANGKA PERSIAPAN MANAKIB KUBRO DAN BAHTSUL MASAIL IDAROH WUSTHA JAM'IYAH AHLITH THARIQAH AL MU'TABARAH AN NAHDLIYAH DI DEMAK, 24 April 2010



BAHTSUL MASAIL TINGKAT IDAROH SYU'BIYAH KEBUMEN
DALAM RANGKA PERSIAPAN MANAKIB KUBRO DAN BAHTSUL MASAIL
IDAROH WUSTHA JAM'IYAH AHLITH THARIQAH AL MU'TABARAH
AN NAHDLIYAH DI DEMAK, 24 April 2010
(Kebumen, 17 April 2010)

1.      Pada saat ini banyak perempuan yang mengidap penyakit keputihan (pada farjinya selalu mengeluarkan lendir yang terkadang berbau busuk).
Pertanyaan:
  1. Najis atau sucikah keputihan tersebut?
  2. Jelaskan tanda-tandanya!
Jawaban:
a.       Tafsil. Bila pengertian keputihan adalah lendir normal pada tiap perempuan dan dapat pula karena infeksi, maka bila normal ditafsil.
Lendir/kelembaban yang keluar dari organ farji yang wajib dibasuh ketika Istinja' (organ farji yang tampak ketika wanita duduk) maka hukumnya suci. Bila keluar dari balik farji (organ farji yang tidak tersentu dzakar mujami') maka hukumnya najis karena tergolong keluar dari dalam (jauf), Bila keluar dari organ farji yang tidak wajib dibasuh namun dapat terjangkau dzakar mujami'  maka hukumnya suci menurut qaul Ashah. namun karena farji perempuan selalu lembab, ketiganya dapat bercampur, maka dihukumi najis.
-          Ma'khadz: Ianah Tholibin juz 1 h 104
إعانة الطالبين - (ج 1 / ص 104)
(قوله: ورطوبة فرج) معطوف على بلغم. أي فهي طاهرة أيضا، سواء خرجت من آدمي أو من حيوان طاهر غيره.  (قوله: على الاصح) مقابله أنها نجسة. (قوله: وهي) أي رطوبة الفرج الطاهرة على الاصح. (قوله: متردد بين المذي والعرق) أي ليس مذيا محضا ولا عرقا كذلك. (قوله: الذي لا يجب غسله) خالف في ذلك الجمال الرملي، وقال: إنها إن خرجت من محل لا يجب غسله فهي نجسة، لانها حينئذ رطوبة جوفية. وحاصل ما ذكره الشارح فيها أنها ثلاثة أقسام: طاهرة قطعا، وهي ما تخرج مما يجب غسله في الاستنجاء، وهو ما يظهر عند جلوسها. ونجسة قطعا، وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج، وهو ما لا يصله ذكر المجامع. وطاهرة على الاصح، وهي ما تخرج مما لا يجب غسله ويصله ذكر المجامع. وهذا التفصيل هو ملخص ما في التحفة. وقال العلامة الكردي: أطلق في شرحي الارشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن، وفي شرح العباب بعد كلام طويل. والحاصل أن الاوجه ما دل عليه كلام المجموع: أنها متى خرجت مما لا يجب غسله كانت نجسة.
مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج  - (ج 1 / ص 381)
وَأَمَّا الرُّطُوبَةُ الْخَارِجَةُ مِنْ بَاطِنِ الْفَرْجِ فَنَجِسَةٌ ، وَظَاهِرُ كَلَامِهِ أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ اللَّاصِقَةِ لِقِلَّتِهَا وَبَيْنَ غَيْرِهَا ، وَهُوَ كَذَلِكَ وَإِنْ قَيَّدَهَا فِي الْأَنْوَارِ بِاللَّاصِقَةِ ، وَسَكَتَ عَلَيْهِ فِي شَرْحِ التَّنْبِيهِ ، وَالشَّارِحُ قَيَّدَ الثَّلَاثَةَ بِكَوْنِهَا مِنْ الْآدَمِيِّ لِيُفِيدَ بِهِ مَعَ قَوْلِهِ آخِرَ الْمَقَالَةِ ، وَالثَّلَاثَةُ مِنْ غَيْرِ الْآدَمِيِّ أَوْلَى بِالنَّجَاسَةِ أَنَّ الْخِلَافَ فِي الثَّلَاثَةِ جَارٍ سَوَاءٌ أَكَانَتْ مِنْ الْآدَمِيِّ أَمْ مِنْ غَيْرِهِ ، وَأَنَّ مُقَابِلَ الْأَصَحِّ فِي الثَّلَاثَةِ مِنْ غَيْرِ الْآدَمِيِّ أَقْوَى مِنْ مُقَابِلِهِ فِيهَا مِنْ الْآدَمِيِّ ؛ لِأَنَّ الْحُكْمَ مُخْتَلِفٌ بَيْنَ الْآدَمِيِّ وَغَيْرِهِ مِنْ الْحَيَوَانَاتِ الطَّاهِرَةِ فَلَا يُخَالِفُ مَا قَرَّرْتُهُ ، بَلْ كَانَ يَنْبَغِي لِلْمُصَنِّفِ عَلَى اصْطِلَاحِهِ أَنْ يُعَبِّرَ فِي رُطُوبَةِ الْفَرْجِ بِالْأَظْهَرِ ؛ لِأَنَّ الْخِلَافَ فِيهَا قَوْلَانِ مَنْصُوصَانِ .

2.      A. Seorang kafir yang berbuat amal shaleh, apabila masuk Islam. Apakah amal tersebut ada pahalanya?
B. Apa sebabnya seorang murtad yang kembali masuk Islam wajib mengqada' shalat ketika murtad saja? Dan kenapa shalat yang dikerjakan sebelum murtad tidak wajib di qadha?
a. Terdapat Tafsil: Ketika kafir masuk islam, ia mendapat pahala dari amal shaleh yang yang tidak disyaratkan niat yang sudah dilakukanya pada waktu kafir.
-          Kitab Hasyiah Qulyubi : Juz 2 hal 116
َحاشيتا قليوبي - وعميرة - (ج 2 / ص 116)
قَوْلُهُ : ( تَرْغِيبًا لَهُ فِي الْإِسْلَامِ ) إذْ فِي وُجُوبِهِ عَلَيْهِ تَنْفِيرٌ لَهُ عَنْهُ وَمَشَقَّةٌ شَدِيدَةٌ ، وَإِذَا أَسْلَمَ الْكَافِرُ أُثِيبَ عَلَى مَا فَعَلَهُ فِي الْكُفْرِ مِمَّا لَا يَتَوَقَّفُ عَلَى نِيَّةٍ كَصَدَقَةٍ وَعِتْقٍ .

-          Kitab Majmu' Juz 3 h 4
المجموع - (ج 3 / ص 4)
(فرع) لا يصح من كافر أصلي ولا مرتد صلاة ولو صلي في كفره ثم أسلم لم نتبين صحتها بل هي باطلة بلا خلاف أما إذا فعل الكافر الاصلي قربة لا يشترط النية لصحتها كالصدقة والضيافة وصلة الرحم والاعتاق والقرض والعارية والمنحة واشباه ذلك فان مات على كفره فلا ثواب له عليها في الآخرة لكن يطعم بها في الذنيا ويوسع في رزقه وعيشه وان أسلم فالصواب المختار أنه يثاب عليها في الآخرة للحديث الصحيح أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال " إذا أسلم العبد فحسن اسلامه كتب الله له بكل حسنة كان زلفها " أي قدمها

b.      Karena: Murtad hanya membatalkan pahala amalnya ketika masuk Islam lagi, tidak membatalkan nafsul amal, sehingga tidak wajib mengqada.
Ta'bir: sulam Taufiq hlm 14


3.      Pertanyaan: Orang yang melahirkan lewat operasi cesar apakah wajib mandi wiladah dan nifas?
-          Wajib mandi, menurut Qaul Al Aldzhar.
حاشيتا قليوبي - وعميرة - (ج 1 / ص 292)
 ( وَنِفَاسٌ ) بِخُرُوجِ وَلَدٍ مِنْ آدَمِيَّةٍ وَإِنْ كَانَ الْوَلَدُ عَلَى غَيْرِ صُورَةِ الْآدَمِيِّ كَكَلْبٍ أَوْ تَعَدَّدَ الْوَلَدُ فَيَجِبُ بَعْدَ كُلٍّ مِنْ التَّوْأَمَيْنِ أَوْ كَانَ مِنْ غَيْرِ طَرِيقِهِ الْمُعْتَادِ ، وَلَوْ مَعَ انْفِتَاحِ الْأَصْلِيِّ ، وَمَالَ شَيْخُنَا إلَى مَجِيءِ تَفْصِيلِ الْمَنِيِّ خُصُوصًا مَعَ تَعْلِيلِ الْأَصَحِّ بِذَلِكَ ، فَلَا غُسْلَ بِوِلَادَةِ الرَّجُلِ ، وَالْجِنُّ كَالْإِنْسِ كَمَا يَأْتِي .
قَوْلُهُ : ( وَكَذَا وِلَادَةٌ ) أَيْ لِمَا ذُكِرَ بِلَا بَلَلٍ فَهِيَ كَالنِّفَاسِ ، لَكِنْ اعْتَمَدَ شَيْخُنَا الرَّمْلِيُّ أَخْذًا مِنْ التَّعْلِيلِ أَنَّهَا لَا تَنْقُضُ وُضُوءَ الْمَرْأَةِ ، وَأَنَّهُ يَجُوزُ وَطْؤُهَا عَقِبَهَا ، وَأَنَّهَا تُفْطِرُ بِهَا لَوْ كَانَتْ صَائِمَةً طَاهِرَةً ، وَفِيهِ بَحْثٌ ظَاهِرٌ مَعَ مَا فِيهِ مِنْ تَبْعِيضِ الْأَحْكَامِ فَرَاجِعْهُ ، وَخَرَجَ بِهَا إلْقَاءُ بَعْضِ الْوَلَدِ وَإِنْ عَادَ فَيَنْقُضُ الْوُضُوءَ فَقَطْ .
وَقَالَ الْخَطِيبُ : تَتَخَيَّرُ بَيْنَ الْغُسْلِ وَالْوُضُوءِ ، وَيَجِبُ الْغُسْلُ بِإِلْقَاءِ آخَرِ جُزْءٍ مِنْهُ اتِّفَاقًا .
4.      Didesa banyak orang yangberternak hewan seperti kambing dan lain-lain dengan jalan maro bati (Gadu) didalam pelaksanaanya berfariasi, ada yang punya ternak dapat 50% yang gadu juga 50 % ada juga yang punya ternak dapat separo dari anak pertama berikutnya bergantian, ada juga pemiliki dapat 60% penggadu 40% karena alasan kandang dibuat pemilik.
Pertanyaan: Adakah akad yang memperbolehkanya?
Jawaban:
-          Tidak ada. Karena tidak ada ta'bir dalam syafi'iyyah maupun lainya, yang memperbolehkan. Mauquf
5.      Dizaman dengan perkembangan serba modern, maka dilingkungan kaum muslim muncul konsep fiqih modern (Falsafah Al Syari'ah) dan fatwa yang asasnya adalah perubahan (yaduru) kebutuhan (al hajah) kesejahteraan (al mashlahah) seperti contoh dalam fiqh zakat zira'ah yang menurut konsep 10% menjadi 5% karena berbagai pertimbangan. Dalam transaksi bisnis mudharabah ketentuan dan pelaksanaan bagi hasil (nisbah) dilakukan secara positif (untung atau tidak tetap membayar nisbah sesuai kesepakatan). Dalam fikih munakahat menetapkan nasab pada bapak bagi pasangan suami istri yang melahirkan anak sebelum 6 bulan dari akad nikah (dengan pengakuan dan sumpah suami)
Pertanyaan: Dari Purworejo
a.       Bagaimana pendapat ulama thariqah tentang konsep fikih modern?
b.      Bolehkah fatwa syariah dengan dasar fikih tersebut?
Jawab:
Bila sesuai dengan ketentuan landasan mu'tabar diterima, bila tidak ditolak.
Ma'khadz: Al Dimyati 'Ala Syarkhi al Waraqah hlm 18.
6.      Setiap jenazah orang Islam yang akan diberangkatkan ke pemakaman, di atas kerenda ada kain yang ada tulisan al Qur'an (ayat kursi) dan kalimah thayyibah.
Pertanyaan: Bagaimana hukumnya meletakan bunga diatas kain tersebut?
Jawaban:
Tidak Boleh, karena ihanah bi al Qur'an
إعانة الطالبين - (ج 1 / ص 84)
(قوله: وضع نحو درهم) بالرفع، معطوف أيضا على تمكين. أي ويحرم وضع نحو درهم. وقوله: في مكتوبه أي فيما كتب فيه مصحف، أي قرآن، كله أو بعضه. وعبارة النهاية: ولا يجوز جعل نحو ذهب في كاغد كتب عليه بسم الله الرحمن الرحيم. اه. قال ع ش: أي وغيرها من كل معظم. كما ذكره ابن حجر في باب الاستنجاء. ومن المعظم ما يقع في المكاتبات ونحوها، مما فيه اسم الله أو اسم رسوله مثلا، فيحرم إهانته بوضع نحو دراهم فيه.

7.      Didaerah kebumen ada cara menyembelih hewan yang meragukan, hewan disembelih dua kali karena tidak mati-mati dengan alasan supaya lebih cepat mati.
Pertanyaan: Bagaimana hukumnya menyembelih hewan dua kali atau lebih supaya cepat mati?
Jawaban:
Kalau penyembelihan yang pertama sudah syah hal itu makruh, bila yang pertama atau sebelumnya belum syah maka disyaratkan harus ada hayat mustaqirrah.
حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 13 / ص 104)
س ل وَيُنْدَبُ إمْرَارُهَا بِرِفْقٍ وَتَحَامُلٍ يَسِيرٍ ذَهَابًا وَإِيَابًا وَيُكْرَهُ أَنْ يُحِدَّهَا قُبَالَتَهَا وَأَنْ يَذْبَحَ وَاحِدَةً وَالْأُخْرَى تَنْظُرُ إلَيْهَا وَيُكْرَهُ لَهُ إبَانَةُ رَأْسِهَا حَالًا وَزِيَادَةُ الْقَطْعِ وَكَسْرُ الْعُنُقِ وَقَطْعُ عُضْوٍ مِنْهَا وَتَحْرِيكُهَا وَنَقْلُهَا حَتَّى تَخْرُجَ رُوحُهَا

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler