Rumusan Obrolan Santai Santri:
*Rumusan final*
*Hukum Antrian haji kedua vs haji pertama*
*Deskripsi masalah*:
Indonesia adalah negara yang menerapkan sistem Antrian Haji akibatnya bisa membuat calon Jamaah haji harus menunggu bertahun-tahun untuk bisa berangkat haji.
*pertanyaan*:
✓Bagaimana hukumnya orang yang sudah pernah haji dan mau haji lagi sehingga menghalangi yang lain yang belum pernah haji ?
*Jawaban*:
:✓ *hukum mendaftar bagi orang yang sudah pernah Melaksanakan haji atau daftar haji kedua* (ala Indonesia model antrian) *pada hakikatnya boleh atau mubah* sebab tidak menyebabkan terhalangnya hajinya orang lain, baik sebagai calon haji wajib ain, wajib kifayah atau sunah dikarenakan statusnya belum mampu. hal itu, karena Org yg tdk berangkat haji bukan karena terhalang hajinya org yg kedua kalinya berangkat. Tapi karena ada regulasi lain dari pemerintah (Amrun khoriji).
Kebolehan (atau mubah) melaksanakan daftar antrian haji kedua ini tentu dengan tetap memperhatikan catatan sebagai berikut dibawah ini.
*Catatan*:
1. Haji sebagai rukun islam wajib seumur hidup satu kali bagi yang mampu.
2. Haji berikutnya hukumnya sunnat/fardu kifayah dalam rangka ihya ka'bah dan terkait hukum amalannya orang yang pernah haji (sunah) bisa kategori mubah atau makruh bahkan bila didalamnya ada riya' tidak dapat apa-apa.
3. Jika berangkat haji karena ihyaul ka'bah fardu kifayah, maka kewajiban ini gugur dengan adanya orang lain yang melaksanakan haji pertama saat itu.
4. Jika status haji yg kedua adalah sunnah, maka lebih utama mendahulukan amal sosial, begitu juga sebaliknya tentu dipilih sesuai urutan keutamaannya.
5. Sistem antrian adalah ketentuan negara yg harus diikuti mengingat antusiasme orang yang mau berhaji jauh lebih besar dari pada kuota yang disediakan pemerintah Saudi.
6. Sistem antrian masuk kategori dianggap istito'ah haji bila sudah masuk pada bulan-bulan haji ( Bulan Syawal hingga tanggal 10 Dzul Hijjah) pada tahun pemberangkatannya.
7. Hukum haji di indonesia adalah :
Menurut jumhur Ulama madzhab Syafiiyyah tidak wajib haji kecuali dapat jatah antrian naik haji ketika masuk waktu haji, yaitu Bulan Syawal hingga tanggal 10 Dzul Hijjah pada tahun pemberangkatan nya tapi Meski demikian ada pendapat yang mewajibkan mendaftar haji.
jadi hukumnya wajib daftar antri haji bagi yang mampu sesuai pendapat yang mewajibkan haji.
*Referensi*:
📚حاشية الباجوري ج٢ص٤٨٢ دار المنهاج
ان شروط الوجوب خمسة الاسلام والبلوغ والعقل والحرية والاستطاعة وشروط الاستطاعة وجود الزاد والراحلة وتخلية الطريق وامكان السير الى ان قال اعلم الاستطاعة نوعان بالنفس الى ان قال *واستطاع بالغير فتجب انابة عن الميت غير المرتد عليه نسك من تركته كما يقضي ديوانه.*
📚اسنى المطالب ج ٦ص٦
الْأَمْرُ ( الْخَامِسُ إمْكَانُ السَّيْرِ فَيُشْتَرَطُ أَنْ يَبْقَى) مِنْ الزَّمَانِ بَعْدَ وُجُودِ الزَّادِ وَالرَّاحِلَةِ وَسَائِرِ مَا مَرَّ ( زَمَانٌ يَسَعُ الْمُعْتَادَ إلَى الْحَجِّ ) فَلَوْ احْتَاجَ إلَى أَنْ يَقْطَعَ فِي كُلِّ يَوْمٍ أَوْ فِي بَعْضِ الْأَيَّامِ أَكْثَرُ مِنْ مَرْحَلَةٍ لَمْ يَلْزَمْهُ الْحَجُّ فَإِمْكَانُ السَّيْرِ شَرْطٌ لِوُجُوبِهِ كَمَا نَقَلَهُ الرَّافِعِيُّ عَنْ الْأَئِمَّةِ وَصَوَّبَهُ النَّوَوِيُّ لِاسْتِقْرَارِهِ فِي ذِمَّتِهِ لِيَجِبَ قَضَاؤُهُ مِنْ تَرِكَتِهِ لَوْ مَاتَ قَبْلَ الْحَجِّ كَمَا قَالَهُ ابْنُ الصَّلَاحِ.
📚المجموع شرح المهذب ج ٧ص٨٨
قال المصنف رحمه الله تعالي (فان لم يبق من الوقت ما يتمكن فيه من السير لاداء الحج لم يلزمه لانه إذا ضاق الوقت لم يقدر علي الحج فلم يلزمه فرضه)(الشرح) قال اصحابنا امكان السير بحيث يدرك الحج شرط لوجوبه فإذا وجد الزاد والراحلة وغيرهما من الشروط المعتبرة وتكاملت وبقي بعد تكاملها زمن يمكن فيه الحج وجب فان اخره عن تلك السنة جاز لانه على التراخي لكنه يستقر في ذمته فان لم يبق بعد استكمال الشرائط زمن يمكن فيه الحج لم يجب عليه ولا يستقر عليه هكذا قاله الاصحاب قالوا والمراد ان يبقى زمن يمكن فيه الحج إذا سار السير المعهود فإذا احتاج إلى ان يقطع في يوم أو بعض الايام كثر من مرحلة لم يجب الحج ولم يذكر الغزالي هذا الشرط وهو إمكان السير وانكر عليه الرافعي ذلك وقال هذا الامكان شرطه الائمة لوجوب الحج وأهمله الغزالي فانكر الشيخ أبو عمرو بن الصلاح على الرافعى اعتراضه هذا علي الغزالي وجعله امكان السير ركنا لوجوب الحج وانما هو شرط استقرار الحج ليجب قضاؤه من تركته لو مات قبل الحج وليس شرطا لاصل وجوب الحج بل متى وجدت الاستطاعة من مسلم مكلف حر لزمه الحج في الحال كالصلاة تجب بأول الوقت قبل مضي زمن يسعها ثم استقرارها في الذمة يتوقف علي مضي زمن التمكن من فعلها هذا اعتراضه والصواب ما قاله الرافعى وقد نص عليه المصنف والاصحاب كما نقل
📚بغية المسترشدين ص ١٩٠
وهذا اعني عدم لزوم الحج حينئذ حيث لا طريق آخر خال عن المكس، والا وجب سلوكه وان بعد عن الاول جدا كعشر سنين من مكة مثلا كما لو امكنه مع المحمل الكبسي او الشامي فيعرج له، نعم لو فرض ان جميع الطرق لا تخلو عن المكس او غلب الهلاك او استوى الامران فلا وجوب
📚مقاصد الرعاية لحقوق الله ص١٠٣
📚المغني فى فقه الحج والعمرة ص ٢٢
خلاصة القول: هناك خمسة شروط لوجوب الحج، وهي الاسلام والعقل والحرية والاستطاعة، وتشمل الاستطاعة الزاد والراحلة وأمن الطريق وصحة البدن وإمكان السير... الى أن قال _ *ونزيد ايضا فى إمكان السير أن لايكون هناك عوائق سياسية أو تنظيمية أو مالية تعيقه عن اداء الحج كماهو فى بعض البلاد الإسلامية من اشتراط سن معين كأن يكون فى الخمسين او نحو ذلك أو تحديد عدد الحجاج بالقرعة أو الأسبقية فى الطلب أو كوضع شروط مالية ونحو ذلك فعند ذلك يعتبر غير مستطيع ويسقط عنه الحج الى زوال تلك العوارض* والله اعلم.
📚 حاشية العلامة ابن حجر الهيتمي على شرح الإيضاح في مناسك الحج للإمام النووي، ص. ٨
)ومن اعظم الطاعات ( ومن ثم وجهوا قول الشافعي رضي الله عنه الاشتغال بالعلم افضل من صلاة النافلة بان الاشتغال بالعلم فرض كفاية وهو افضل من النفل وياءتي علي ما ذكرته بناء علي *ان فرض الصدقة افضل من فرض الحج ونفلها افضل من نفله* وهو ما يدل عليه كثير من العبارات فيما فهم منها كلام العمادي في زيادته من ان حج التطوع افضل من صدقة التطوع
*Susunan Tim ahli*
*kontributor* :
1. Ach. Muhtar Bs, (Alumni PP. Sidogiri, pasuruan)
2. Ust. Arupinia Katsumadai, Spd, Pamekasan Madura
3. Ust. Zainal Abidin ( Bojonegoro Jatim)
4. Ust. Muhammad Shohibunni'am
(pon pes DARUNNAJA pare kediri, Jatim)
5. Ust. MOHAMMAD NANANG QOSIM, S.Pd.I (Wakil Ketua Bendahara di PC. LDNU Kab. Sampang, Ketua PAC. JQHNU Kec. Torjun, Wakil Ketua Divisi TARTILA JQHNU Sampang, Sekretaris Ranting NU Desa Patarongan Kec. Torjun Kab. Sampang).
6. Ust. Junaidi El qorik ( Alumni PP. NAHDATUL ATHFAL kabupaten kubu raya, Kalimantan barat, Aktivis DHF)
7. Ust. Abdunnasir SPdi (alumni Al anwar paculgowang)
8. Ust. Taufik udin (PP asalafiyah darun naja kab tangerang banten)
9. Ust Muhammad ridwan (alumni PP riyadulaliyah cisempur bogor)
10. Ust. muhammad Muhsin (Aktivis Piss KTB, alumni lirboyo)
11. Ust. Muchsin Chafifi (Aktivis piss KTB dan DHF)
12. Ust. Muhyiddin (Alumni MA Al Anwar Paculgowang)
13.Ust. Muhammad (Ust.madrosah miftahul ulum sungai asam kb paten kubu raya
Alumni pp almubarok lanbulan tambelangan sampang madura)
14. Ust. Daud (alumni PP. Payaman sirojul Mukhlisin da'wah maksud hidup, Magelang)
15. Ust. Rohim (Pondok Pesantren AS-SALAFI AL-BAIHAQI,Bangkalan Madura)
16. Kang Rasjid (alumni PP. Alhamdulillah, Kemadu, Sulang - Rembang, Jawa Tengah)
17. Ust Danial (Alumni PP. Manbaul ulum pakis, Kudus)
18. Ust. Mulyanto (alumni pesantren Roudhotul Banin, Panjatan, Kulon progo - jogja)
19. Ust. Abdul Rokhim (Alumni Pon Pes Salafiyyah Syafi'iyah, Gondang - TulungAgung)
*Notulen*:
✓ Ust. Abdul Rokhim
Alumni PonPes. Salafiyyah Syafi'iyah Gondang .TulungAgung Jatim
*Moderator*:
1.Kang Rasjid (alumni PP. Alhamdulillah, Kemadu, Sulang - Rembang, Jawa Tengah)
2. Ust. Ahmad Shodiqin ( Alumni, PP. Hidayatut thullab Pondok tengah Kamulan durenan trenggalek).
3. Neng Martiffin R.(IPPNU,CB KPP PC.sragen ,Alumni PP AL HIKMAH SRAGEN
*Editor* :
1. Ust. Zainal Abidin, M.Pd. (Sekretaris LBM Taman Sidoarjo, Jatim, alumni pondok pesantren Al-Anwar sarang Rembang)
*Dewan Mushohih:*
1. KH. Khotimi Bahri (Ketua Komisi MUI Kota Bogor)
2. KH Moh Salim S pd. (Alumni Al Falah Ploso Mojo Kediri)
3. KH. Mahmud Abid ( ketua LBM MWC NU WARU. Sidoarjo Jatim, alumni Pon Pes Langitan)
4. Ust. Haris Abdul Khaliq (Sekjen PCNU Sragen)
5.Ust. Masduqi (mutahorij ppmt mlangi sleman)
6. Ust. Lutfi Hakim . MA
PP. Futuhiyyah Mranggen - Demak
Anggota LDNU Kab. Bogor
7. Ust. Fathurrohman,S.Pd.I (WAKIL ROIS SURIYAH MWC Gandrungmangu, Ketua LBM NU MWC Gandrungmangu, Ketua UPZIS di MWC Gandrungmangu, Katib Suriyah di Ranting NU Layansari, Anggota LBM di PC Cilacap, Alumni PPHT Kamulan,Durenan,Trenggalek,Jawa Timur).
8. KH. Ahamdi abd haliem (Pengasuh pondok pesantren Raudlatul Muttaqien Pontianak Kal-Bar)
9. Ust. Mohammad Anwar. (Alumni
PP. Ash Shiddiq, Narukan, Kragan Rembang, bendahara LBM PC NU kebumen ).
10. KH.dr H Nur Kholish Qomari (Anggota LKNU Batu, Anggota Komisi Fatwa MUI Batu, Ketua PDNU Batu , Seksi Baksos PDNU Pusat, Alumni PP Miftahul Huda Gading Malang dan Darul Musthofa Tarim Hadromaut Yaman).
11. Ustadz "Mas" Abdullah Amin nafi' (alumni PP. Tarbiyatun Nasyi'in, Paculgowang Jombang)
12. Gus Farid Fauzi (Alumni PP. Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung, Jawa Timur, aktif sebagai Ketua LBM PCNU Kota Blitar Jawa Timur).
13. Ustadz Badrus shohih
Alumni ponpes Al falah ploso kediri
Pengurus LAZISNU kab. Pasuruan
14. Ust. Miftakhuddinn (Alumni PP. Al Anwar Sarang)
15. Ust. Nur khasan alumni Al Anwar sarang-Rembang (Anggota Ansor dan LBM Bonang Demak)