Mushtolah hadits

  💟 مصطلح الحديث عند علماء الحديث:



الحديث عند علماء الحديث مثل الحافظ في شرح البخاري، والحافظ السخاوي هو:


أَقْوَالُهُ وَأَفْعَالُهُ وَأَحْوَالُهُ.


"كل ما قاله النبي صلى الله عليه وسلم، أو فعله، أو حاله."


يشمل "حاله" كل ما روي في كتب التاريخ، مثل ولادته، ومكانه، وكل ما يتعلق بذلك، سواء قبل بعثته كنبي أو بعدها. بعض العلماء مثل الطيبي يرون أن "الحديث يشمل أقوال النبي صلى الله عليه وسلم، وأفعاله، وتقريراته، وكذلك أقوال وأفعال وتقريرات الصحابة، وأقوال وأفعال وتقريرات التابعين." وبهذا ينقسم الحديث إلى تسعة أقسام. هذا الرأي مذكور في كتاب "النخبة" للحافظ.


الحديث الذي يصل سنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم يسمى مرفوعًا، والحديث الذي يصل إلى الصحابة فقط يسمى موقوفًا، والذي يصل إلى التابعين فقط يسمى مقطوعًا. المرادف (الكلمة المماثلة) له، السنة، الخبر، والأثر.


في الواقع، كلمة الحديث محددة بالمرفوع لغيره إلا إذا كان هناك قرينة.


💟 MENURUT ISTILAH AHLI HADIST.


Hadist menurut istilah ahli hadist di antara nya Al Hafidz dalam Syarh Al Bukhary , dan Al Hafidz dari Shakhawy ialah


أَقْوَالُهُ وَأَفْعَالُهُ وَأَحْوَالُهُ.


"Segala ucapan, perbuatan dan keadaan Nabi saw."


Termasuk ke dalam "keadaan beliau" segala yang diriwayatkan dalam kitab sejarah, seperti kelahirannya, tempatnya dan yang bersangkut paut dengan itu, baik sebelum dibangkit sebagai rasul maupun sesudahnya. Sebagian ulama seperti Ath-Thiby berpendapat, "Hadits itu meliputi sabda Nabi saw., meliputi perkataan, perbuatan dan taqrir sahabat, termasuk pula perkataan, perbuatan dan taqrir tabi'in." Dengan demikian, terbagilah hadits kepada sembilan bagian. Pendapat ini diterangkan oleh Al-Hafizh di dalam An-Nakhbah.


Hadits yang dalam periwayatannya sanad-nya sampai kepada Nabi saw. dinamakan marfu', hadits yang hanya sampai kepada sahabat di- namakan mauquf dan yang sampai kepada tabi'in saja dinamakan maqthu'. Muradif (persamaan kata) nya, sunnah, khabar, dan atsar.


Sebenarnya kata hadits tertentu dengan marfu' untuk yang lain terkecuali ada qarinah.

➖➖➖➖➖

🪀 Kaf


💟Menurut Ahli Ushul Hadits


الحديثُ عندَ أهلِ أصولِ الحديثِ هو:


"كلُّ قولٍ أو فعلٍ أو تقريرٍ للنبيِّ صلى الله عليه وسلم يتعلقُ بالحكمِ."


لذلكَ لا يُعتبرُ حديثًا ما لا يتعلقُ بالحكمِ، مثلُ أمورِ اللباسِ. في نظرِ الأصوليينَ، مرادفُهُ السنةُ، الخبرُ والأثرُ.


إذا ذُكرَ الحديثُ كاسمِ علمٍ (علم الحديث)، فإنَّ تعريفَهُ هو:


"العلمُ الذي يُبيِّنُ كلَّ ما نُقِلَ أو نُسِبَ إلى النبيِّ صلى الله عليه وسلم أو إلى الصحابةِ والتابعينَ، سواءٌ كانَ قولًا أو فعلًا أو تقريرًا أو صفةً."


هذا ما يُرادُ بعلمِ حديثِ الروايةِ. أما العلمُ لمعرفةِ حالِ الراوي والمروي من حيثُ القبولُ أو الردُّ، فيُسمَّى علمَ حديثِ الدرايةِ.


Hadits menurut Ahli Ushul Hadits ialah:


"Segala perkataan, perbuatan dan taqrir Nabi yang bersangkutan dengan hukum."


Jadi tidak termasuk ke dalam hadits, sesuatu yang tidak bersangkut paut dengan hukum, seperti urusan model pakaian. Dalam pandangan para Ushuliyyin, muradif-nya sunnah, khabar dan atsar.


Apabila disebut hadits sebagai nama ilmu (ilmu hadits), maka ta'rif-nya adalah:


"Ilmu yang menerangkan segala yang dinukilkan /yang disandarkan kepada Nabi atau kepada sahabat dan tabi'in, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya."


Inilah yang mereka kehendaki dengan Ilmu Hadits Riwayah. Adapun ilmu untuk mengetahui keadaan rawi dan marwi dari aspek diterima atau ditolak, dinamakan Ilmu Hadits Dirayah.

➖➖➖➖➖➖💟


saya buat rumusan yang mudah di bawah ini yaa agar semoga bermanfaat 👇👇...


💟 Hadits menurut Ahli Ushul Hadits ialah:


"Segala perkataan, perbuatan dan taqrir Nabi yang bersangkutan dengan hukum."


جَدِيرٌ بِالذِّكْرِ أَنَّهُ لَا يُعْتَبَرُ حَدِيثًا مَا لَا يَتَعَلَّقُ بِالْحُكْمِ، مِثْلَ أُمُورِ نَمَطِ اللِّبَاسِ. فِي نَظَرِ الْأُصُولِيِّينَ، مُرَادِفُهُ السُّنَّةُ وَالْخَبَرُ وَالْأَثَرُ.


Apabila disebut hadits sebagai nama ilmu (ilmu hadits), maka ta'rif-nya adalah:


"Ilmu yang menerangkan segala yang dinukilkan /yang disandarkan kepada Nabi atau kepada sahabat dan tabi'in, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya."


عِلْمٌ يُبَيِّنُ لَنَا مَا أُضِيْفَ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ أَوْ إِلَى الصَّحَابَةِ أَوْ إِلَى التَّابِعِينَ قَوْلًا كَانَ أَوْ فِعْلًا أَوْ تَقْرِيرًا أَوْ صِفَةً.


Inilah yang mereka kehendaki dengan Ilmu Hadits Riwayah. Adapun ilmu untuk mengetahui keadaan rawi dan marwi dari aspek diterima atau ditolak, dinamakan Ilmu Hadits Dirayah.


هَذَا مَا يَقْصِدُونَهُ بِعِلْمِ حَدِيثِ الرِّوَايَةِ. أَمَّا الْعِلْمُ الَّذِي يُعْنَى بِمَعْرِفَةِ حَالِ الرَّاوِي وَالْمَرْوِيِّ مِنْ جِهَةِ الْقَبُولِ أَوِ الرَّدِّ، فَيُسَمَّى عِلْمَ حَدِيثِ الدِّرَايَةِ.


➖➖➖🪀 

💟 Kaf

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler