Perayaan Hari Nasional


 الاحتفال بالأعياد القومية

عطية صقر.

مايو 1997

القرآن والسنة


Tentang Perayaan Hari Nasional dikutip dari "Fatawa Darul Iftaa al-Mishriyyah"


Oleh: (Syaikh Doktor 'Athiyah Shaqr). 

Mei 1997


ما رأى الدين فى احتفال بعض الدول بأعياد مثل أعياد النصر وعيد العمال وعيد رأس السنة وغيرها؟

صلى الله عليه وسلم فى بحث طويل فى الجزء الثانى من كتاب " بيان للناس من الأزهر الشريف " جاء أن كلمة الأعياد تطلق على ما يعود ويتكرر، ويغلب أن يكون على مستوى الجماعة، سواء أكانت الجماعة أسرة أو أهل قرية أو أهل أقليم، والاحتفال بهذه الأعياد معناه الاهتمام بها، والمناسبات التى يحتفل بها قد تكون دنيوية محضة وقد تكون دينية أو عليها مسحة دينية، والإسلام بالنسبة إلى ما هو دنيوى لا يمنع منه ما دام القصد طيبا، والمظاهر فى حدود المشروع، وبالنسبة إلى ما هو دينى قد يكون الاحتفال منصوصا عليه كعيدى الفطر والأضحى، وقد يكون غير منصوص عليه كالهجرة والإسراء والمعراج والمولد النبوى، فما كان منصوصا عليه فهو مشروع بشرط أن يؤدى على الوجه الذى شرع، ولا يخرج عن حدود الدين، وما لم يكن منصوصا عليه، فللناس فيه موقفان، موقف المنع لأنه بدعة، وموقف الجواز لعدم النص على منعه، ويحتج أصحاب الموقف المانع بحديث النسائى وابن حبان بسند صحيح أن أنسًا رضى الله عنه قال: قدم النبى صلى الله عليه وسلم المدينة ولهم يومان يلعبون فيهما، فقال " قد أبدلكم اللَّه تعالى بهما خيرا منهما، يوم الفطر ويوم الأضحى " فكل ما سوى هذين العيدين بدعة، ويرد عليه بأن الحديث لم يحصر الأعياد فيهما، بل ذكر فضلهما على أعياد أهل المدينة التى نقلوها عن الفرس، ومنها عيد النيروز فى مطلع السنة الجديدة فى فصل الربيع، وعيد المهرجان فى فضل الخريف كما ذكره النويرى فى " نهاية الأرب " وبدليل أنه سمى يوم الجمعة عيدا.

ولم يرد نص يمنع الفرح والسرور فى غير هذين العيدين، فقد سجل القرآن فرح المؤمنين بنصر اللَّه لغلبة الروم على غيرهم بعد أن كانوا مغلوبين " أوائل سورة الروم ".

كما يردُّ بأنه ليس كل جديد بدعة مذمومة، فقد قال عمر فى اجتماع المسلمين فى صلاة التراويح على إمام واحد " نعمت البدعة هذه ".

فالخلاصة أن الاحتفال بأية مناسبة طيبة لا بأس به ما دام الغرض مشروعا والأسلوب فى حدود الدين، ولا ضير فى تسمية الاحتفالات بالأعياد، فالعبرة بالمسميات لا بالأسماء


[مجموعة من المؤلفين، فتاوى دار الإفتاء المصرية، ١٦٠/١٠]


Apa pandangan agama tentang perayaan di beberapa negara seperti Hari Kemenangan, Hari Buruh, Tahun Baru, dan lainnya?


Dalam pembahasan panjang pada jilid kedua kitab "Bayan li An-Nas min Al-Azhar Asy-Syarif", dijelaskan bahwa istilah "hari raya" digunakan untuk sesuatu yang berulang dan terus kembali, biasanya di tingkat komunitas, baik itu keluarga, penduduk desa, atau wilayah tertentu. Perayaan hari-hari raya berarti memberikan perhatian pada kesempatan tersebut.


Adapun perayaan yang dirayakan, dapat berupa:


1. Bersifat duniawi semata.


2. Bersifat keagamaan atau memiliki nuansa keagamaan.


Pandangan Islam tentang Perayaan


1. Perayaan duniawi:

Islam tidak melarang selama niatnya baik dan ekspresinya tetap dalam batasan yang sesuai dengan syariat.


2. Perayaan keagamaan:


Ada yang dinyatakan secara tegas dalam syariat seperti Idul Fitri dan Idul Adha.


Ada yang tidak secara eksplisit disebutkan, seperti perayaan hijrah, Isra' Mi'raj, atau Maulid Nabi.


Perayaan yang disebutkan secara tegas diizinkan selama dilakukan sesuai dengan syariat dan tidak melampaui batas agama.


Perayaan yang tidak disebutkan secara tegas, ada dua pandangan:


Pandangan yang melarang: Menganggapnya sebagai bid'ah.


Pandangan yang memperbolehkan: Karena tidak ada larangan eksplisit.


Dalil Pendukung Larangan dan Jawabannya


1. Dalil larangan:

Berdasarkan hadis riwayat An-Nasa'i dan Ibnu Hibban (dengan sanad yang sahih), Anas bin Malik r.a. berkata:

“Ketika Nabi SAW tiba di Madinah, penduduknya memiliki dua hari untuk bermain-main. Maka beliau bersabda: Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha."

Dari sini, sebagian ulama memahami bahwa selain dua hari raya tersebut, dianggap sebagai bid'ah.


2. Jawaban atas dalil larangan:


Hadis tersebut tidak secara eksplisit membatasi hari raya hanya pada dua hari tersebut. Sebaliknya, hadis tersebut menunjukkan keutamaan Idul Fitri dan Idul Adha atas hari-hari raya yang dirayakan penduduk Madinah sebelumnya, seperti Nowruz di awal musim semi atau Mehrgan di musim gugur, sebagaimana disebutkan oleh An-Nuwairi dalam "Nihayat Al-Arab".


Tidak ada larangan eksplisit untuk bergembira dan bersuka cita di luar dua hari raya tersebut, sebagaimana dicontohkan dalam Al-Qur'an dengan kegembiraan orang-orang mukmin atas kemenangan Allah ketika bangsa Romawi mengalahkan musuh mereka setelah sebelumnya kalah (Awal Surah Ar-Rum).


Tidak semua hal baru dianggap sebagai bid'ah yang tercela. Umar bin Khattab r.a. berkata tentang pelaksanaan salat tarawih berjamaah: “Ini adalah bid'ah yang baik.”


Kesimpulannya, merayakan setiap perayaan yang baik tidak masalah selama tujuannya disyari'atkan (sesuai dengan syari'at) dan cara pelaksanaannya sesuai dengan batasan-batasan agama. Tidak ada salahnya juga jika perayaan tersebut disebut sebagai 'id (hari raya), karena yang penting adalah yang dinamakan (yakni yang terkadung dalam penamaan tersebut/tujuan perayaan tersebut), bukan sekadar nama.


Referensi tambahan :


جرت عاداتنا ان نجتمع لإحياء جملة من المناسبات التاريخية كالمولد النبوي وذكرى الإسراء والمعراج وليلة النصف من شعبان والهجرة النبوية وذكرى نزول القرآن وذكرى غزوة بدر،  وفى اعتبارنا أن هذا الأمر عادي لا أصل له بالدين فلا يوصف بأنه مشروع أو سنة كما انه ليس معارضا لأصل من أصول الدين لأن الخطر هو فى اعتقاد مشروعية شيء ليس بمشروع، وعندي أن أمثال هذه الأمور العادية العرفية لا يقال فيها أكثر من أنها محبوبة للشارع أو مبغوضة وأظن أن هذا القدر متفق عليه ويدعى البعض أن هذه المناسبة التى يجتمع الناس لإحيائها ينقصها التوقيت المضبوط المتفق عليه، فيقول : إن الناس تعودوا أن يجتمعوا ليلة السابع والعشرين لإحياء ذكرى الإسراء والمعراج، وأن يجتمعوا ليلة اثنتى عشرة من ربيع الأول لإحياء ذكرى المولد النبوي مع أن العلماء إختلفوا فى تعيين وقت هاتين الحادثتين بالضبط. وأنا أقول : إن عدم الإتفاق على تعيين الوقت لا يؤثر لأننا لا نعتقد مشروعية تحديد الإجتماع بوقت مخصوص بل الأمر عادي كما أسلفنا والذى يهمنا هو اغتنام فرصة الإجتماع وكسب ذلك لتوجيهه الى الخير فهذه الليلة قد اجتمع الناس فيها بشكل كبير وعظيم وسواء أخطأوا التوقيت أم أصابوا فإن مجرد اجتماعهم هذا على ذكر الله ومحبة رسول الله صلى الله عليه وسلم كاف فى استجلاب رحمة الله وفضله.


[السيد محمد ابن علوي المالكي الحسني، مفاهم يجب ان تصحح، صفحة ٣١٤]


Sehingga mengenai merayakan tahun baru ini boleh-boleh saja, asalkan :


_"Maksudnya/Tujuannya disyari'atkan, Cara pelaksanaannya sesuai dengan batasan-batasan agama -seperti tidak terjadi Ikhtilath dan hal² yang dilarang dalam agama-, Tidak menyakini bahwa hal itu di syari'atkan, Jika berkumpulnya hanya sebatas dzikir kepada allah maka tentu akan menarik rahmat allah"_.


(_Muhdor Al-Habsyie_)


> Majelis Ilmu

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler