Deskripsi Masalah
Sebelum khotib naik mimbar biasanya bilal membacakan hadits berikut:
إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ (أَنْصِتْ) وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ ومَنْ لغَا فلا جُمْعةَ له
Pertanyaan :
Bagaimana sebenarnya hukum ngobrol ketika khatib sedang berkhutbah?
Bagaimana hukum mengedarkan kotak amal ketika khotib sedang berkhutbah?
Jawaban
Lembaga Bahtsul Mas’ail MWC-NU Kecamatan Batanghari, berdasarkan pertimbangan beberapa ibarot dan pendapat peserta bahtsul masa’il di Masjid Nurul Huda 41A Batangharjo tanggal 11 Februari 2023, merumuskan jawaban sebagai berikut:
Hukum ngobrol adalah makruh, ini istinbath hukum dari ayat
(وإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا)
Dan ketika al-Qur’an dibaca, maka dengarkanlah dan diamlah
dan hadits riwayat Muslim:
إذا قلت لصاحبك أنصت – يوم الجمعة – والامام يخطب، فقد لغوت
Jika Anda mengatakan kepada teman Anda, “Dengarkan” – pada hari Jumat – sementara imam sedang menyampaikan khotbah, maka Anda telah berbicara sia sia.
Kenapa makruh dan tidak haram? Karena adanya hadits yang menunjukkan kebolehannya, seperti hadits shohihain dari Anas RA:
بينما النبي (ص) يخطب يوم جمعة قام أعرابي، فقال: يا رسول الله، هلك المال، وجاع العيال، فادع الله لنا. فرفع يديه ودعا
Ketika Nabi SAW menyampaikan khotbah pada hari Jumat, seorang Badui berdiri dan berkata: Wahai Rasulullah, harta kami rusak dan hewan peliharaan kami kelaparan, jadi berdoalah kepada Tuhan untuk kami. Kemudian beliau mengangkat tangannya dan berdoa.
Al-Bayhaqi juga menceritakan dengan sanad shohih, dari Anas RA, hadits berikut:
– أن رجلا دخل والنبي (ص) يخطب يوم الجمعة، فقال: متى الساعة؟ فأومأ الناس إليه بالسكوت، فلم يقبل، وأعاد الكلام، فقال له النبي (ص): ما أعددت لها؟ قال: حب الله ورسوله. قال: إنك مع من أحببت
Seorang pria masuk ketika Nabi SAW sedang menyampaikan khotbah pada hari Jumat, kemudian dia berkata: Kapan hari kiamat? Maka orang-orang mengisyaratkan kepadanya untuk tetap diam, tetapi dia tidak menurutinya, dan dia berbicara lagi. Nabi (SAW) berkata kepadanya: Apa yang telah kamu persiapkan untuk itu? Dia berkata: Cinta Allah dan Rasul-Nya. Dia berkata: Kamu bersama orang yang kamu cintai.
Kesimpulannya adalah bahwa beliau Nabi SAW tidak melarang dia untuk berbicara, juga tidak menjelaskan kepadanya kewajiban untuk diam.
Dengan adanya hadits tersebut, maka diketahui bahwa sighot perintah dalam ayat (وإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا) hanya berakibat hukum sunnah, dan bahwa apa yang dimaksud dengan sia-sia dalam riwayat Muslim tersebut (إذا قلت لصاحبك أنصت – يوم الجمعة – والامام يخطب، فقد لغوت ) adalah menyelisihi sunnah.
Namun ini menurut imam Syafi’i, sedang menurut 3 imam yang lain (imam Malik, imam Hanafi dan imam Hambali) , hukum berbicara di dalam khutbah adalah haram
Referensi:
إعانة الطالبين – ج ٢ – الصفحة ٩٩
(قوله: ويكره الكلام) أي ظاهر الآية السابقة، وخبر مسلم: إذا قلت لصاحبك أنصت – يوم الجمعة – والامام يخطب، فقد لغوت. (قوله: ولا يحرم) أي الكلام، للأخبار الدالة على جوازه، كخبر الصحيحين. عن أنس – رضي الله عنه -: بينما النبي (ص) يخطب يوم جمعة قام أعرابي، فقال: يا رسول الله، هلك المال، وجاع العيال، فادع الله لنا. فرفع يديه ودعا. وخبر البيهقي بسند صحيح، عن أنس – رضي الله عنه – أن رجلا دخل والنبي (ص) يخطب يوم الجمعة، فقال: متى الساعة؟ فأومأ الناس إليه بالسكوت، فلم يقبل، وأعاد الكلام، فقاله له النبي (ص): ما أعددت لها؟ قال: حب الله ورسوله. قال: إنك مع من أحببت. وجه الدلالة أنه عليه السلام لم ينكر عليه الكلام، ولم يبين له وجوب السكوت. وبه يعلم أن الامر للندب في: (وإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا) بناء على أنه الخطبة، وأن المراد باللغو في خبر مسلم: إذا قلت لصاحبك أنصت يوم الجمعة والامام يخطب، فقد لغوت، مخالفة السنة. (قوله: خلافا للأئمة الثلاثة) أي حيث قالوا بحرمته
فتح العلام ٣ / ٦٠
و حاصل ما يقال في هذا المقام أنه يسن للسامع ترك الكلام و الذكر مع الإصغاء لما لا يجب سماعه و هو غير الأركان لأربعين بخلاف الأركان لأربعين فيجب سماعه و يحرم على أحدهم كلام فوت سماع ركن لتسببه في إبطال الجمعة عند ابن حجر و أما الرملي فلا يشترط عنده السماع بالفعل.
و يندب الكلام حال الخطبة إذا دعت إليه حاجة كتنبيه من خاف وقوع محذور به لو لم ينبهه و تعليم غيره خيرا ناجزا أو نهيه عن منكر بل قد يجب ما ذكر و يقتصر على أقل ما يكفي بل لو كفت الإشارة ندب الإقتصار عليها كما في بشرى الكريم. و الله أعلم
Sedangkan hukum berjalan diantara shaf untuk meminta-minta, mengedarkan kendi untuk minum, membagikan kertas, membagikan sedekah diantara para jam’ah adalah makruh. Jadi mengedarkan kotak amal ketika khotib sedang berkhutbah hukumnya makruh juga.
Referensi:
حاشية الجمل 2/36
ويكره المشي بين الصفوف للسؤال ودوران الإبريق والقرب لسقي الماء وتفرقة الأوراق والتصدق عليهم ؛ لأنه يلهي الناس عن الذكر واستماع الخطبة ا هـ . برماوي
Kesimpulan
Mengobrol ketika khatib sedang khutbah hukumnya makruh menurut Imam Syafi’i, dan haram menurut 3 imam yang lain
Mengedarkan kotak amal ketika khatib sedang khutbah hukumnya makruh
Perumus:
Mohammad Nurcholis
Notulen
Nurhidayat
Pentashih:
Ky. Hamid Asrori,
Ky. Jalaluddin Duritno,
Ky. Ahmad Mubayyin