SHALLALLAHU WASALLAMAAA ..AJMAINAAA
HASIL LBM DAYAH BIDOK
📝 PERTANYAAN
Bagaimanakah hukum memanjangkan huruf mim dalam shalawat:
( صلى الله وسلم على النبي سيدنا محمد وآله وصحبه أجمعين )
📚 JAWABAN
Boleh memanjangkan huruf mim pada kalimat "وسلم" dan tidak berubah makna dengan sebabnya karena alif tersebut adalah alif ithlak (alif yang di gunakan untuk memanjangkan suara) bukan alif tasniyah, sebagaimana di contohkan oleh imam Al-Akhdari dalam sulam munawraq yaitu: "الحمد لله الذي قد أخرجا".
Begitu juga boleh meninggalkan wakaf huruf nun pada kalimat "أجمعين".
REFERENSI
بلغة الطلاب في تخليص فتاوى مشاخي الأنجاب، تأليف الشيخ طيفور علي وفا المدوري
(صفحة٧٢-طبعة مكتب السداد)
القراءة المحرفة بقصر الممدود ومد المقصور في نحو قراءة المولد كقولهم "مرحبا يانور عايني" لا بأس بها إذ التصرف في الشعر بنحو ما ذكر جائز. والمحظور كون ذلك في القرآن أو الحديث أو الأسماء المعظمة التوقيفية
Artinya : Mengubah bacaan dengan cara memendekkan huruf yang panjang dan memanjangkan huruf yang pendek pada seumpama bacaan maulid, seperti “مرحبا يا نور عايني" maka tidak mengapa karena mengubah syair dengan seumpama cara tersebut di perbolehkan. Dan hal tersebut di haramkan dalam Al-Quran, Hadits, atau Nama-Nama Allah.
إتحاف السادة المتقين بشرح إحياء علوم الدين، تأليف الإمام الشيخ السيد محمد بن محمد الحسيني الزبيدي
(جزء٧-صفحة٧٤٦-طبعة دار الكتب العلمية)
( أن الشعر الموزون يختلف تأثيره في النفس بالألحان التي تسمى الطرق والدستانات وإنما اختلاف تلك الطرق بمد المقصور وقصر الممدود والوقف في أثناء الكلمات والقطع والوصل في بعضها وهذا التصرف جائز في الشعر ) بالإتفاق ( ولا يجوز في القرآن إلا التلاوة كما أنزل ) وتلقفه الخلاف عن السلف ( فقصره ومده والوقف والوصل والقطع فيه على خلاف ما تقتضيه التلاوة ) والتجويد ( حرام أو مكروه ) صرح به أئمة هذا الشأن
Artinya : Bahwasanya syair yang tersusun akan berbeda pengaruhnya dalam hati dengan sebab Melodi atau Note. Melodi tersebut akan berbeda dengan sebab memanjangkan yang pendek, memendekkan yang panjang, berhenti di tengah kalimat, memotong dan melanjutkan di sebahagian kalimat, hal tersebut di perbolehkan dalam syair dengan kesepakatan ulama. Sedangkan Al-Quran hanya boleh di baca sebagaimana yang di turunkan dan Al-Quran itu di ambil oleh ulama khalaf dari salafus shalih maka memendekkan, memanjangkan, berhenti, meneruskan dan memotong bacaan yang tidak sesuai dengan kaidah tilawah dan tajwid hukumnya haram atau makruh dan para ulama telah menjelaskan tentangnya.
والله اعلم بالصواب