CARA MELAFADHKAN NIAT SHALAT WITIR



CARA MELAFADHKAN NIAT SHALAT WITIR YANG DISAMBUNG 3 RAKAAT MENJADI SATU SALAM DAN DIPISAH 3 RAKAAT DIJADIKAN DUA SALAM

___________________


Shalat witir bisa dikerjakan dalam jumlah rakaat ganjil, maksimal 11 rakaat baik dilakukan Setiap malam setelah shalat isya’ atau setelah shalat tahajjud ataupun setelah shalat tarawih dibulan Ramadan, banyak umat muslim mengerjakan shalat witir sebanyak tiga rakaat, terutama yang berjemaah di masjid atau musholla dibulan Ramadhan. Namun, ada juga yang mengerjakan shalat witir secara sendirian.

Pernah saya menjumpai orang shalat witir 3 Rakaat disambung menjadi satu salam dan ada yang dipisahkan menjadi dua salam. Dengan kata lain.

Pertama, shalat witir tiga rakaat dikerjakan dengan dua kali salam.

Kedua, salat witir dikerjakan 3 rakaat tersambung sekaligus dengan satu salam.

___________________


Pertanyaannya.

Bagaimana cara melafadh kan niat dari keduanya ( antara yang disambung 3 rakaat menjadi satu salam dan yang dipisah menjadi dua salam) ? Jelaskan Ustadz Full Ibarot nya....


___________________


Waalaikum salam.


Jawaban.


Jika shalat sunnah witir 3 raat disambung menjadi satu salam maka cara melafadhkan niatnya jika baik dilakukan secara sendirian atau berjamaah sebagaimana berikut:


JIKA DILAKUKAN MUNFARID/SENDIRIAN👇


أصلى سنة الوتر ثلاث ركعات ادآء مستقبل القبلة لله تعالى


JIKA DILAKUKAN SECARA BERJAMAAH 👇


أصلى سنة الوتر ثلاث ركعات ادآء مستقبل القبلة مأموما لله تعالى


Adapun jika shalat witir 3 rakaat dilakukan dengan cara dipisah menjadi dua salam. Maka jika dilakukan dua rakaat yang pertama tidak berlu menyertakan huruf من yang berarti Tab’idiyah yang berati sebagian seperti contoh


أصلى سنة ركعتين من الوتر / أصلى ركعتين من الوتر سنة لله تعالى


Artinya cukup melafadhkan sebagaimana berikut:


JIKA DILAKUKAN SECARA MUNFARID👇


أصلى سنة الوتر ركعتين ادآء مستقبل القبلة لله تعالى


JIKA DILAKUKAN SECARA BERJAMAAH 👇


أصلى سنة الوتر ركعتين ادآء مستقبل القبلة مأموما/إماما لله تعالى


المجموع شرح المهذب


(الرَّابِعُ)


حَدِيثُ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْصِلُ بَيْنَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ بِتَسْلِيمَةٍ يُسْمِعُنَاهَا رَوَاهُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ فِي مُسْنَدِهِ بِهَذَا اللفظ (الخامس) قيل فان كَانَ يَعْلَمُ حَدِيثَ عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لا يسلم في ركعتي الوتر رواه النسائي بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ وَرَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ فِي السُّنَنِ الْكَبِيرَةِ


Dalam kitab majmu’ dijelaskan Hadits dari Umar ra. dia berkata bahwa Nabi Muhammd SAW pernah memisahkan antara shalat yang “Asyyaf’i Genap ( dua rakaat sebagian dari witir) dan satu witir ( artinya witir tiga rakaat )namun dipisah, berarti dua rakaat ( assaf’i/Genap ) adalah bagian dari witir .Maka kalau mengikuti ibaroh dalam kitab majmu’ cara melafadhkan niat dua rakaat sebagian dari witir adalah sebagai berikut:


أصلى سنةً ركعتى الوتر أداءً مستقبلة القبلة لله تعالى.أى ركعتين من الوتر



Atau


أصلى سنة الوتر ركعتين أى من الوتر ركعتين أداءً مستقبل القبلة مأموما لله تعالى



Kedua contoh diatas adalah Susunan idhofah yang menyimpan Huruf jar contoh idhofah سنة الوتر أى من الوتر

Sebagaimana penjelasan Ibnu Malik dalam kitabnya Alfiyah berikut:


وَالثَانِى اجْرُرْ وَانوِ أَوْفِى إذَا # لَمْ يَصْلُحْ إِلاَّ ذاكَ وَاللاَّمَ خُدَا


لِمَا سِوَى ذَيْنِكَ وَاخْصُصْ اَوَّلاَ # اَو أَعْطِه التَّعْرِيْفَ بالَّذِى تَلاَ


Bacalah jar pada isim yang kedua ( mudhof ilaih ), dan kira-kirakanlah maknanya من  atau  فى apabila tidak pantas kecuali dengan maknanya huruf tersebut, dan kira-kirakanlah maknanya lam.


 Untuk selainnya yang pantas menyimpan maknanyaفى  atau من  dan takhsislah isim yang awal (mudhof) atau ma’rifatkanlah dengan isim yang kedua ( mudhof ilaih ).


بعض وبين وابتدء فى الأمكنة # بمن وقد تأتي لبدء الأزمنة


Jadi lafadh niat yang benar adalah:



أصلى سنة الوتر ركعتين أداء مستقبل القبلة مأموما/إماما لله تعالى



Kenapa tidak perlu mengucapkan من الوتر


( أصلي سنة من الوتر ركعتين)


karena dalam kalimat tersebut ( أصلى سنة الوتر ركعتين.)


Susunan idhafah sudah mentaqdir huruf من. Oleh karenanya dlm kitab Bughiyah disebutkan tidak perlu mengungkap kan من ” للتبعيضية


Tidak harus menyebutkan من۔ yang berarti sebagian dalam niat witir


. (بغية المسترشدين : ص ٤٠)


(مسألة: ي)


لا يلزم الناوي لركعتين من نحو التراويح والوتر استحضار من التبعيضية عند ابن حجر و ع ش، ورجح في شرح المنهج والنهاية وغيرهما لزومها


Artinya;” Tidalah wajib bagi orang berniat dua rakaat misalnya dalam shalat tarawih atau shalat witir menghadirkan من yang berarti sebagian dari…..Menurut Ibnu Hajar yang diperkuat dalam kitab Syarah minhaj dan Nihayah dan yang lainnya.


Artinya merujuk pada referensi diatas sebenarnya melafadhkan niat yang biasa sudah benar yakni


( أصلى سنة الوتر ركعتين آداء مستقبل القبلة ماءموما/إماما لله تعالى).


atau


أصلى سنةً ركعتى الوتر أداءً مستقبلة القبلة لله تعالى.أى ركعتين من الوتر


Kenapa tidak perlu menyertakan من yang berarti sebagian ? Karena dalam lafadh سنة الوتر menurut ilmu tata bahasa disebut Susunan ” Idhofah” yang didalamnya menyimpan/mentaqdir Huruf jar berupa من yakni سنة الوتر أى سنة من الوتر


Sedang bilamana dilakukan satu rakaat maka cara melafadhkannya adalah


أصلى سنة الوتر ركعة ادآء مستقبل القبلة مأموما/إماما لله تعالى


Atau


أصلى سنةً ركعةَ الوتر ادآء مستقبل القبلة مأموما/إماما لله تعالى /


التقريرات السديدة ص ٢٨١-٢٨٢


شرح بعض النوافل :

الأولى : صلاة الوتر، وهي واجبة عند أبي حنيفة

فضلها : ورد فيها الكثيرُ منَ الأحاديث، منها: «إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ

الوتر (۱)، «أوتروا يا أهل القرآن» (۲) ، «مَنْ لم يُوتِرُ فليس منا » (۳) ، «إِنَّ الله قد

أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ هِيَ خيرٌ لَكُمْ مِن حُمْرِ النَّعَم » (٤) .


وقتها : من فعل العِشاء إلى طلوع الفجر، والأفضل تأخيرها إلى آخر

الليل إذا كانَ يغلِبُ على ظنّهِ الاستيقاظ قبل الفجر، وإلا فالأفضل تقديمها

بعد العشاء .

عدد ركعاتها :

أقلها : ركعة، وتكره المداومة عليها لغير عُذر .


(١) أخرجه أحمد (۲: ۱۰۹) .

(٢) أخرجه أحمد ( ١ : ١٤٨ ) .

(۳) أخرجه أحمد (٤٤٣:٢ ) .

(٤) أخرجه أبو داود (١٤١٨) ، وابن ماجه (١١٦٨)، والترمذي (٤٥٢) .


وأدنى الكمال : ثلاث ركعات .

وأكمل الكمال : إحدى عشرة ركعة (١) .

كيفيتها : لها كيفيتان : وَصْلٌ وفَضْل :

(١) الوصل : أن يصل الركعة الأخيرة بما قبلها، كما في صلاة المغرب .

ويجوز فيه الاقتصار على تشهد في الأخيرة، أو تشهدين في الأخيرة وما

قَبْلَها (٢) .

(٢) الفصل : أن يفْصِلَ الرَّكعة الأخيرة عما قبلها، وهي أفضل، لما ورد من كراهية تشبيه صلاة الوتر بصلاة المغرب .

ويُسَنُ أن يقرأ – في الثلاثِ الرَّكْعاتِ الأخيرة : في الأولى: سورة الأعلى، وفي الثانية : الكافرون، وفي الثالثة الإخلاص والمعوذتين (۳) ..


(١) ولو نوى الوتر وأطلق حمل على ما يريد عند ابن حجر، وعلى الثلاث عند الرملي، ولو نذر الوتر لزمه الثلاث بالاتفاق.

(۲) فلا يجوز فيه أكثر من تشهدين أو أن يتشهد في غير الأخيرتين لأنها وصل، وأما إذا صلاها فَضْلاً : بأن فصل الركعة الأخيرة عما قبلها فيجوز أن يصلي الست بإحرام أو

أكثر وبتشهد أو أكثر .

(۳) ويأتي بعده بالدعاء المأثور وهو : سبحانَ الملك القدوس ثلاثاً، سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رب الملائكة والروح، جلّلت السماوات والأرض بالعظمة والجبروت، وتعززت بالقدرة، وقهرت العباد بالموت. اللهم إني أعوذ برضاك من سخطك، وبمعافاتك من عقوبتك، وبك منك، لا تحصي ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك . أعود بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم : ﴿ وَذَا النُّونِ إِذ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَن لَّا إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ يا حي يا قيوم لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين (أربعين مرة) ، تمامها : ﴿ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَيْنَهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُجِى الْمُؤْمِنِينَ ) .


Penjelasan Beberapa Salat Sunnah


Pertama: Salat Witir

Salat witir adalah salat yang wajib menurut Abu Hanifah.


Keutamaannya


Banyak hadis yang menyebutkan keutamaan salat witir, di antaranya:


“Sesungguhnya Allah itu witir (Maha Esa) dan menyukai witir.” (HR. Ahmad, 2:109) “Lakukanlah witir, wahai para ahli Al-Qur’an.” (HR. Ahmad, 1:148) “Barang siapa yang tidak melaksanakan witir, maka dia bukan bagian dari kami.” (HR. Ahmad, 2:443) “Sesungguhnya Allah telah memberi kalian salat yang lebih baik dari unta merah (harta yang paling berharga).” (HR. Abu Dawud, 1418; Ibnu Majah, 1168; Tirmidzi, 452) Waktu Pelaksanaan


Salat witir dapat dilakukan sejak selesai salat Isya hingga terbitnya fajar. Yang lebih utama adalah menundanya hingga akhir malam jika seseorang yakin bisa bangun sebelum fajar. Namun, jika tidak yakin bisa bangun, maka lebih baik dikerjakan langsung setelah salat Isya.


Jumlah Rakaatnya Minimal: 1 rakaat, tetapi dimakruhkan terus-menerus hanya melakukannya 1 rakaat tanpa uzur. Tingkat kesempurnaan yang paling rendah: 3 rakaat. Tingkat kesempurnaan yang paling utama: 11 rakaat. Tata Cara Pelaksanaan


Salat witir dapat dilakukan dengan dua cara:


Shalat Witir dengan “Sambungan” (Waṣl)

Yaitu menyambung rakaat terakhir dengan rakaat sebelumnya, seperti salat Magrib. Dalam cara ini, seseorang boleh memilih antara:


Hanya satu tasyahhud di rakaat terakhir, atau Dua tasyahhud, satu di rakaat terakhir dan satu lagi di rakaat sebelumnya.


Shalat Witir dengan “Pemisahan” (Faṣl)

Yaitu memisahkan satu rakaat terakhir dari rakaat sebelumnya. Cara ini lebih utama, karena ada riwayat yang menyebutkan larangan menyerupakan salat witir dengan salat Magrib.


Bacaan dalam Salat Witir Rakaat pertama: Surah Al-A’la. Rakaat kedua: Surah Al-Kafirun. Rakaat ketiga: Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Doa Setelah Witir


Setelah salat witir, disunnahkan membaca doa berikut:


“Subḥāna al-malik al-quddūs” (tiga kali). “Subbūḥun quddūs, rabbul-malāikati war-rūḥ. Jallaaltas-samāwāti wal-arḍa bil-‘aẓamati wal-jabarūt, wa ta’azzazta bil-qudrah, wa qaharta al-‘ibāda bil-mawt.” “Allāhumma innī a’ūdzu biridāka min sakhatika, wa bimu’āfātika min ‘uqūbatika, wa bika minka. Lā uḥṣī tsanā’an ‘alayka, anta kamā atsnayta ‘alā nafsik.” Membaca ayat: “Wa dzan-nūni idz dzahaba mughaḍiban faẓanna an lan naqdir ‘alayhi, fanādā fiẓ-ẓulumāti an lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn.” Mengulang: “Yā Ḥayyu yā Qayyūm, lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn” sebanyak 40 kali. Menutup dengan ayat: “Fastajabnā lahu wa najjaynāhu minal-ghammi, wa kadzālika nunjil-mu’minīn.”

___________________


4 Maret 2025

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler