🖋️ TANYA JAWAB - HUKUM MENDAHULUKAN PENGELUARAN ZAKAT SEBELUM MENCAPAI HAUL & NISHOB
🔄 Pertanyaan :
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin bertanya.
Gimana hukumnya ngeluarin zakat perdagangan atau zakat mal tapi blm sampai haul dan nishab, apakah boleh? Soalnya di kampung saya ada kejadian dmn org yg punya usaha dagang mengeluarkan zakatnya sblm haul dan nishab🙏🙏
➡️ Jawaban :
Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.
Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwasanya nishob untuk zakat tijaroh maupun mal itu merupakan sebab wajibnya zakat, sedangkan untuk haul adalah merupakan syarat wajibnya zakat. Dan untuk ibadah yang dilakukan sebelum datang sebab wajibnya, maka tidak diperbolehkan. Termasuk dalam masalah zakat tijaroh atau zakat mal ini. Tapi untuk ibadah yang dilakukan sebelum datang syarat wajibnya, maka diperbolehkan.
Contoh, salah satu syarat wajibnya sholat adalah baligh. Tapi meski demikian, seorang anak yang belum baligh itu diperbolehkan untuk melakukan sholat. Nah demikian halnya dengan mengeluarkan zakat tijaroh sebelum haul, hal itu diperbolehkan karena haul merupakan syarat wajibnya zakat. Berbeda dengan nishob yang mana hal itu merupakan sebab wajibnya zakat, maka tidak diperbolehkan mengeluarkan zakat tijaroh sebelum datang sebab wajibnya yaitu sampai nishob.
Kemudian, ada dua poin penting yang harus diperhatikan bagi orang yang ingin mengeluarkan zakat tijaroh atau zakat mal sebelum haul. Yang pertama adalah, pada akhir haul dia memang merupakan orang yang tetap terkena kewajiban untuk mengeluarkan zakat (berstatus sebagai muzakki), dan dia juga masih hidup sampai akhir haul. Lalu yang kedua, si penerima zakat pun memang merupakan orang yang berhak untuk menerima zakat (berstatus sebagai mustahiq), dan dia pun juga masih hidup sampai akhir haul.
📚 Keterangan :
📕 (منهاج القويم : ص ٢٣٥)
ويجوز تعجيلها قبل الحول، وشرط إجزاء المعجل أن يبقى المالك أهلا للوجوب إلى آخر الحول، وأن يكون القابض في آخر الحول مستحقا، وإذا لم يجزئه استرد إن علم القابض أنها زكاة معجلة
📕 (نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج : ج ٣ ص ١٤١)
ويجوز تعجيلها في المال الحولي قبل تمام الحول فيما انعقد حوله، لأن العباس رضي الله عنه سأل رسول الله صلى الله عيه وسلم في تعجيل صدقته قبل الحول فرخص له في ذلك
📕 (دار الافتاء المصرية : رقم فتوى ٢٩٧٤)
يجوز تعجيل الزكاة قبل حلول الحول وبعد بلوغ المال النصاب عند جمهور العلماء كأبي حنيفة والشافعي وأحمد، فيجوز تعجيل زكاة الماشية والنقدين وعروض التجارة
📕 (دار الافتاء المصرية : رقم فتوى ٢٩٧٤)
يشترط لصحة تقديم الزكاة أن يبقى مالك النصاب أهلا لوجوب الزكاة إلى آخر الحول: وذلك ببقائه حيا وبقاء ماله نصابا، فلو مات قبل تمام الحول لا يعتبر ما عجله زكاة
📕 (دار الافتاء المصرية : رقم فتوى ٢٩٧٤)
أن يكون القابض للزكاة المعجلة مستحقا لها عند تمام الحول، فلو مات لم يحسب المدفوع له زكاة
📕 (الموسوعة الفقهية : ج ٣٥ ص ٤٨)
لا خلاف بين الفقهاء في عدم جواز التكفير قبل اليمين، لأنه تقديم الحكم قبل سببه، كتقديم الزكاة قبل ملك النصاب وكتقديم الصلاة قبل دخول وقتها
📕 (المغني ابن قدامة : ج ٢ ص ٤٩٥)
ولا يجوز تعجيل الزكاة قبل ملك النصاب بغير خلاف علمناه ولو ملك بعض نصاب فعجل زكاته أو زكاة نصاب لم يجز لأنه تعجل الحكم قبل سببه
📕 (القواعد فقهية : ج ١ ص ٩)
العبادات كلها سواء كانت بدنية أو مالية أو مركبة منهما لا يجوز تقديمها على سبب وجوبها ويجوز تقديمها بعد سبب الوجوب وقبل الوجوب أو قبل شرط الوجوب
📝 Catatan :
Jika seumpama sebelum terpenuhi haul tersebut si muzakki dan mustahiq ini meninggal dunia, maka zakat yang didahulukan pengeluarannya itu tidaklah dianggap sebagai zakat sebagaimana keterangan-keterangan diatas. Maka dari itu sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu bagi orang yang memang berniat ingin mengeluarkan zakat sebelum sempurna haulnya.
والله أعلم بالصواب
📎 Telegram : https://t.me/mengkajifiqih
Tags
Bab Zakat