DALIL 7,40,100,1000 HARI KEMATIAN DAN HAUL


DALIL  7,40,100,1000 HARI KEMATIAN DAN HAUL

___________________


Deskripsi masalah

Masyarakat Indonesia khususnya Jawa sangat lekat dengan tradisi tujuh hari,empat puluh hari,seratus hari yang terhitung dari hari kematian mayyit,haul ,seribu hari dan sebagainya.


Pertanyaan:Apakah hal-hal tersebut dianjurkan?


Jawaban:

Ya, dianjurkan karena substansi(pokok masalah)dari tradisi-tradisi di atas adalah mendoakan mayyit,shodaqoh,dan mengingatkan kematian.



Referensi:


(بلوغ الاءمنية(انارة الدجى),صحيفة ٢١٩)

(تذييل)اعلم ان الجاويين غالبا اذا مات احدهم جاءوا الى اهله لنحو الاءرز نيءا ثم طبخوه بعد التمليك وقدموه لاءهله وللحاضرين عملا لخبر(اصنعوا لاءل جعفر طعاما)وطمعا في ثواب ما في السوءال بل ورجاء ثواب الاءطعام للميت على ان العلامة الشرقاوي قال في شرح نجريد البخاري ما نصه:والصحيح ان السوءال اي سوءال القبر مرة وقيل يفتن الموءمن سبعا والكافر اربعين صباحا،ومن ثم كانوا يستحبون ان يطعم عن الموءمن سبعة ابام من دفنه.


(نهاية الزين،صحيغة ٢٨١)

والتصدق عن الميت بوجه شرعي مطلوب ولا يتقيد بكونه في سبعة ايام او اكثر او اقل،والتقييد ببعض الاءيام من العواءد فقط كما افتى بذلك السيد احمد دحلان وقد جرت عادة الناس بالتصدق عن الميت في ثالث من موته وفي سابع وفي تمام العشرين وفي الاءربعين وفي

مائة وبعد ذلك يفعل كل سنة حولا في يوم الموت كما افاد شيخنا يوسف السنبلاوي ، اما الطعام الذي يجتمع عليه الناس ليلة دفن الميت المسمى بالوحشة فهو مكروه ما لم يكن من مال الاءيتام،والا فيحرم كذا في كشف اللءام،


(الحاوي للفتاوي)

قال طاوس:أن الموتى يفتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعم عنهم تلك الأيام ، ذكر الرواية المسندة عن عبيد بن عمير:قال ابن جريج في مصنفه عن الحارث بن ابي الحارث عن عبيد بن عمير فال:يغتن رجلان موءمن ومنافق،فاءما الموءمن فيفتن سبعا، واما المنافق فيفتن اربعين صباحا – الى ان قال – وانما اوردهما طاوس كذالك لاءن قصده توجيه الحكم الشرعي وهو استحباب الاءطعام عن الموتىى مدة سبعة ايام فذكر ان سببه ورود فتنتهم في تلك الاءيام،ولهذا فرعه عليه بالفاء حيث قال:فكانوا يستحبون ان بطعم عنه تلك الاءيام – الى ان قال -ويحتمل اثرطاوس امرا ثانيا وهو اتصال الجمل الاءولى ايضا لاءن الاءخبار عن الصحابة باءنهم كانوا يستحبون الاءطعام عن الموتى تلك الاءيام السبعة صريح في ان ذلك كان معلوما عندهم وانهم كانوا يفعلون ذلك لقصد التثبيت عند الفتنة في تلك الاءيام وان كان معلوماعن الصحابةكان ناشءا عن التوقيف كما تقدم تقريره، وحينءذ يكون الحديث من باب المرفوع المتصل لا المرسل لاءن الاءرسال قد زال وتبين الاءتصال بنقل طاوس عن الصحابة.


(قرة العين بفتاوي الشيخ اسماعيل زين،صحيفة ٨٧)

سوءال:ما قولكم رضي الله عنكم فيمن مات فتصدق عنه وارثه شمعة وفراشا وشمسية بعد ان ابلغ اربعين يوما من بعد وفاته – الى ان قال – الجواب والله الموفق للصواب: ان الصدقة عن الميت بما ينتفع به مندوبة ومستحسنة باتفاق العلماء ويصل ثوابها الى الميت ويحصل للمتصدق اجر الصدقة لا ينقص اجر الاءخر شُيِّئَا.

_____________________


1. Kitab Bulughul Amani (Inaratul Duja), halaman 219


Tambahan: Ketahuilah bahwa orang Jawa kebanyakan apabila salah satu dari mereka meninggal dunia, mereka datang ke rumah keluarganya dengan membawa beras mentah, kemudian memasaknya setelah melakukan pemberian hak dan menyajikannya kepada keluarga almarhum dan orang-orang yang hadir sebagai amal berdasarkan hadis "Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja'far" serta mengharapkan pahala dari permintaan tersebut dan juga berharap pahala memberikan makanan untuk almarhum. 


Sebagaimana yang dikatakan oleh Al-‘Allamah Asy-Syarqawi dalam syarah Najrid Al-Bukhari bahwa: "Pendapat yang benar adalah bahwa pertanyaan kubur dilakukan sekali. Dikatakan bahwa orang mukmin di uji selama tujuh hari dan orang kafir selama empat puluh hari. Oleh karena itu, mereka menganjurkan memberikan makanan selama tujuh hari setelah pemakamannya."


2. Kitab Nihayatuz Zain, halaman 281


Bersedekah atas nama orang yang meninggal dunia secara syar’i adalah dianjurkan dan tidak terbatas pada tujuh hari saja, bisa lebih atau kurang. 


Pembatasan pada beberapa hari tertentu hanyalah merupakan kebiasaan, sebagaimana difatwakan oleh Sayyid Ahmad Dahlan. 


Kebiasaan orang adalah bersedekah atas nama orang yang meninggal dunia pada hari ketiga, ketujuh, dua puluh, dan empat puluh setelah kematian, serta seratus hari dan setelah itu setiap tahun pada hari kematiannya, sebagaimana yang disampaikan oleh guru kami, Yusuf As-Sanbali. 


Adapun makanan yang dikumpulkan orang-orang pada malam pemakaman disebut "wujuh" dan hukumnya makruh, kecuali jika berasal dari harta anak yatim, maka hukumnya haram sebagaimana dalam kitab Kasyful Lam'.


3. Kitab Al-Hawi Lil Fatawi


Dikatakan oleh Thawus: Orang-orang yang telah meninggal dunia diuji di kubur mereka selama tujuh hari, maka mereka menganjurkan memberikan makanan atas nama mereka selama hari-hari tersebut. Riwayat dari ‘Ubaid bin ‘Umair: Ibnu Juraij dalam Musnad-nya dari Al-Harith bin Abi Harith dari ‘Ubaid bin ‘Umair berkata: "Seorang mukmin diuji selama tujuh hari dan seorang munafik selama empat puluh hari." 


Oleh karena itu, Thawus menyebutkan bahwa mereka menganjurkan memberikan makanan selama hari-hari tersebut. Ini menunjukkan bahwa memberikan makanan pada hari-hari tersebut adalah untuk meneguhkan mereka saat ujian di kubur.


4. Kitab Qurrotul ‘Ain Bi Fatawi Syaikh Isma’il Zain, halaman 87


Pertanyaan: Apa pendapat Anda mengenai seseorang yang telah meninggal dan ahli warisnya bersedekah dengan memberikan lilin, kasur, dan payung setelah empat puluh hari dari kematiannya?


Jawaban: Bersedekah atas nama orang yang meninggal dengan sesuatu yang bermanfaat adalah dianjurkan dan disepakati oleh para ulama bahwa pahalanya sampai kepada almarhum dan orang yang bersedekah juga mendapatkan pahala tanpa mengurangi pahala yang lainnya sedikitpun.

____________________


15 Febuari 2025 / Kaf

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler