JANJI MENIKAHI TAPI INGKAR, BAGAIMANA HUKUMNYA

JANJI MENIKAHI TAPI INGKAR, BAGAIMANA HUKUMNYA?


🔄 Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Di dlm hadis disebutkan bahwa salah satu sifat munafik adalah jika berjanji tpi mengingkari. Nah ada seorang perempuan yg dijanjikan akan dinikahi oleh seorang lelaki, tapi lelaki tersebut ingkar janji, menghilang tanpa jejak dan tanpa kabar.

Pertanyaannya, apakah lelaki itu berdosa dan termasuk munafik? Dan bagaimana hukum mengingkari janji?🙏🙏

➡️ Jawaban :

Wa'alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh.

Hukum memenuhi sebuah janji jika janjinya tersebut adalah berkaitan dengan sesuatu yang mubah (bukan untuk berbuat keharaman), maka hukum memenuhinya adalah sunnah berdasarkan pendapatnya mayoritas ulama. Adapun yang termasuk dosa dan termasuk munafik saat tidak memenuhi janji itu hanya diperuntukkan bagi orang yang berucap janji tapi didalam hatinya ada niat untuk mengingkarinya. Sedangkan bagi orang yang berjanji namun tidak mampu memenuhi janji tersebut karena punya alasan-alasan tertentu, maka orang tersebut tidak berdosa dan tidak tergolong sebagai munafik sebagaimana yang telah disebutkan didalam hadits.

📚 Keterangan :

📕 (الأذكار : ص ١١٣)
وقد أجمع العلماء على أن من وعد إنسانا شيئا ليس بمنهي عنه فينبغي ان يفي بوعده وهل ذلك واجب أو مستحب؟ فيه خلاف بينهم ذهب الشافعي وأبو حنيفة والجمهور إلى أنه مستحب، فلو تركه فاته الفضل وارتكب المكروه كراهة تنزيه شديدة ولكن لا يأثم، وذهب جماعة إلى أنه واجب قال الإمام أبو بكر بن العربي المالكي: أجل من ذهب إلى هذا المذهب عمر بن عبد العزيز قال وذهبت المالكية مذهبا ثالثا: أنه إن ارتبط الوعد بسبب كقوله تزوج ولك كذا أو أحلف أنك لا تشتمني ولك كذا أو نحو ذلك وجب الوفاء وإن كان وعدا مطلقا لم يجب

📚 Tambahan keterangan :

📕 (جواهر العقد : ج ١ ص ١٠٥)
وأجمعوا على أن الوفاء بالوعد في الخير مطلوب وهل هو واجب أو مستحب؟ فيه خلاف ذهب أبو حنيفة والشافعي وأحمد وأكثر العلماء إلى أنه مستحب، فلو تركه فاته الفضل وارتكب المكروه كراهة شديدة ولكن لا يأثم، وذهب جماعة أنه واجب منهم عمر بن عبد العزيز، وذهب المالكية مذهبا ثالثا: أن الوعد إن اشترط بسبب كقوله تزوج ولك كذا ونحو ذلك وجب الوفاء به، وإن كان الوعد مطلقا لم يجب

📚 Tambahan keterangan :

📕 (احياء علوم الدين : ج ٣ ص ١٣٠)
قوله: أربع من كن فيه كان منافقا خالصا، ومن كانت فيه خصلة منهن كانت فيه خصلة من النفاق حتى يدعها: إذا اؤتمن خان وإذا حدث كذب وإذا عاهد غدر وإذا خاصم فجر. وهذا ينزل على من إذا وعد وهو عزم الخلف أو ترك الوفاء من غير عذر، فأما من عزم على الوفاء فعن له عذر منعه من الوفاء لم يكن منافقا وإن جرى عليه ما هو صورة النفاق، ولكن ينبغي أن يحترز من صورة النفاق أيضا كما يحترز من حقيقته

والله أعلم بالصواب

📎 Telegram : https://t.me/mengkajifiqih

hamba Tuhan

Penting ngaji

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler