HUKUM MENDO’AKAN ORANG LAIN AGAR CELAKA


HUKUM MENDO’AKAN ORANG LAIN AGAR CELAKA

───────

Oleh: 

- Muhammad Anshori S.Ag (Brebes) 

- Gus Suhaimi Qusyairi (Ketapang Sampang Madura) 


PERTANYAAN:

Bolehkah mendo’akan orang lain agar celaka?


JAWABAN

Hukum mendo'akan orang lain agar celaka tafsil:

– Jika ditujukan kepada orang yang tidak berbuat dzolim, maka harom.

– Jika ditujukan kepada orang yang berbuat dzolim, maka diperinci: 

Boleh, Jika sesuai kadar kedzolimannya. Dan harom, jika melebihi batas.


CATATAN

Namun yang lebih utama adalah tidak mendo’akannya (orang yang berbuat dzolim) dengan sabar, memaafkan dan serahkan urusannya kepada Allah, sebab dengan kita mendoakan orang yang berbuat dzolim kepada kita itu sama halnya kita nenolongnya (mengurangi dosanya dan mengurangi pahala kita yang terdzolimi).


*Referensi*


الأذكار للإمام أبي زكريا محي الدين بن شرف النووي ص ٣٥٤


ويقرب من اللعن الدعاء على الإنسان بالشر حتى الدعاء على الظالم كقول الإنسان : لا أصح اللّه جسمه، ولا سلمه الله، وما جرى مجراه، وكل ذلك مذموم وكذلك لعن جميع الحيوانات والجمادات فكله مذموم.


Hampir sama dengan mengutuk ialah mendoakan jelek kepada orang lain, meskipun ditujukan kepada orang dzolim. Seperti ber do’a : “Semoga allah tidak memberikan kesehatan kepadanya dan semoga Allah tidak menyelamatkannya” atau sejenisnya. Semua itu adalah perbuatan yang tercela. Begitu juga mengutuk hewan dan benda yang tidak bernyawa merupakan hal yang tercela.


أبو حامد الغزالي ,إحياء علوم الدين ,3/126


ويقرب من اللعن الدعاء على الإنسان بالشر حتى الدعاء على الظالم كقول الإنسان مثلا لَا صَحَّحَ اللَّهُ جِسْمَهُ وَلَا سَلَّمَهُ اللَّهُ وما يجري مجراه فإن ذلك مذموم وفي الخبر إن المظلوم ليدعو على الظالم حتى يكافئه ثم يبقى للظالم عنده فضلة يوم القيامة


Hampir sama dengan mengutuk ialah mendo’akan keburukan untuk seseorang, termasuk mendo’akan orang yang berbuat dzolim, seperti do’a seseorang: “Semoga Allah tidak menyehatkan badannya” dan “Semoga Allah tidak memberikan keselamatan untuknya”. Atau do’a keburukan sejenisnya, karena semua itu adalah perbuatan tercela. Dalam hadits disebutkan: “Sungguh, orang yang teraniaya mendo’akan keburukan untuk orang yang menganiaya sampai lunas terbayar, tetapi yang tersisa kemudian adalah kelebihan hak orang yang berbuat aniaya atas orang yang teraniaya pada hari kiamat”.


نصائح الدينية ص ٢٤٢


وبالجملة : فالدعاء من أعظم ما أنعم اللّه به على عباده حين أمرهم به وحرضهم عليه، حتى إنه عز وجل يغضب على من له يسأله، كما قال عليه الصلاة والسلام: من لم يسأل اللّه تعالى يغضب عليه. وكما ينبغي للإنسان أن يدعو لنفسه بالخير وبالنجاة من الشر، ينبغي له أن يدعو بمثل ذلك لوالديه ولأحبابه وللمسلمين. وليحذر كل الحذر من الدعاء بالشر على نفسه أو على أولاده أو على ماله، أو على أحد من عباد اللّه، وإن ظلمه فليكل أمره إلى اللّه، وليرض بنصرة اللّه تعالى له، وفي الحديث : من دعا على من ظلمه فقد انتصر. ولا خير في الدعاء بالشر على ظالم ولا على غيره، وليجعل بدل الدعاء عليه الدعاء له، كما هي صفة عباد اللّه الرحماء.


 


Secara pokok kesimpulan: Do’a merupakan nikmat ter agung dari Allah, yang telah di berikan kepada hambanya. Ketika allah memerintahkan hambanya untuk berd’oa, bahkan Allah memberi suport kepada mereka untuk berdo’a. Sampai-sampai Allah akan marah terhadap hambanya yang enggan untuk berdo’a. Sebagaimana perkataan Nabi: “Barang sipa yang tidak mau berdo’a kepada allah ta’ala, maka Allah akan murka terhadapnya.”


Sebagaimana manusia di anjurkan untuk berdo’a dengan meminta kebaikan dan keberuntungan/keselamatan dari keburukan untuk dirinya sendiri, seyogyanya dia juga berdo’a seperti itu untuk kedua orang tuanaya, untuk orang-orang yang di cintai dan untuk semua orang muslim.


Takutlah. Untuk mendo’akan keburukan terhadap dirinya sendiri, anak-anaknya, hartanya atau kepada salah satu dari pada hamba-hamba Allah meskipun yang telah mendzolimi nya. Pasrahkanlah urusanya kepada Allah dan ridho kan pertolongan dari Allah untuknya. Dalam sebuah hadist diterangkan: “Barang siapa mendo’akan (keburukan) kepada seseorang yang telah berbuat dzolim, maka sebenarnya dia telah menolongnya (mengurangi dosa orang yang berbuat dzolim dan mengurangi pahala dari yang terdzolimi)”.


Tidak ada nilai kebaikan sama sekali ketika mendo’akan kejelekan kepada orang yang berbuat dzolim dan selainnya. Maka jadikanlah do’a untuknya sebuah do’a yang baik, yang mana itu merupakan ciri dari hamba-hamba Allah yang mempunyai sifat penyayang.


حاشية الصاوي على تفسير الجلالين 1/340 

لا يحب اللّٰه الجهر بالسوء من القول) من أحد أي يعاقب عليه (إلا من ظلم) فلا يؤاخذه بالجهر به بأن يخبر عن ظلم ظالمه ويدعو عليه (وكان اللّٰه سميعا) لما يقال (وعليما) بما يفعل.


Tafsir Firman Allah SWT : (Allah tidak menyukai ucapan buruk yang diucapkan dengan terus terang) dari siapapun, dan Allah akan memberikan balasan kepadanya, (kecuali oleh orang yang dianiaya) misalnya seperti seseorang yang mengabarkan tentang kedzaliman dari orang yang telah dzalim terhadapnya dan mendo’akannya keburukan, maka tidaklah berdosa baginya, (dan Allah Maha Mendengar) terhadap segala apa yang diucapkan, (serta Maha Mengetahui) kepada segala sesuatu yang diperbuat.


إعانة الطالبين 4/153

تنبيه) قال فى المغنى يجوز للمظلوم أن يدعو على ظالمه كما قاله الجلال السيوطى فى تفسير قوله تعالى – لا يحب اللّٰه الجهر بالسوء من القول إلا من ظلم – قال بأن يخبر عن ظلم ظالمه ويدعو عليه اهـ.


“Orang yang terdzalimi, itu diperbolehkan untuk mendo’akan keburukan terhadap orang yang mendzalimi, sebagaimana yang telah dikatakan oleh imam al-Jalal as-suyuti dalam mentafsiri firman Allah SWT Surat Annisa’ 148 dalam tafsirnya.


محمد الخادمي ,بريقة محمودية في شرح طريقة محمدية وشريعة نبوية في سيرة أحمدية ,3/267

وَأَمَّا) (الدُّعَاءُ عَلَيْهِ) أَيْ عَلَى الْمُؤْمِنِ (بِغَيْرِهِ) أَيْ غَيْرِ الْكُفْرِ (فَإِنْ لَمْ يَكُنْ ظَالِمًا لَهُ) أَوْ لِغَيْرِهِ (فَلَا يَجُوزُ) وَيَحْرُمُ (وَإِنْ كَانَ) ظَالِمًا (فَيَجُوزُ بِقَدْرِ ظُلْمِهِ وَلَا يَجُوزُ التَّعَدِّي) عَنْهُ وَقَدْ سَمِعْت سَابِقًا تَفْصِيلَهُ وَأَنَّ جَزَاءَ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا وَأَنَّ مَا جَازَ لِعُذْرٍ يُقَدَّرُ بِقَدْرِ عُذْرِهِ وَفِي الْحَدِيثِ «أَنَّ الْمَظْلُومَ لَيَدْعُوَ عَلَى ظَالِمِهِ حَتَّى يُكَافِئَهُ» (وَالْأَوْلَى أَنْ لَا يَدْعُوَ عَلَيْهِ) أَيْ الظَّالِمِ (أَصْلًا) بَلْ يَصْبِرُ وَيَعْفُو عَنْهُ أَوْ يُفَوِّضُ أَمْرَهُ إلَى اللَّهِ الْمُنْتَقِمِ لِأَنَّ فِي حِفْظِ مِقْدَارِ الظُّلْمِ وَعَدَمِ التَّعَدِّي عَنْهُ عُسْرَةً لَا سِيَّمَا الْجَاهِلُ وَفِي حَدِيثِ الْجَامِعِ «مَنْ دَعَا عَلَى مَنْ ظَلَمَهُ فَقَدْ انْتَصَرَ» قَالَ الْمُنَاوِيُّ أَيْ أَخَذَ مِنْ عِرْضِ الظَّالِمِ فَنَقَصَ مِنْ إثْمِهِ فَنَقَصَ ثَوَابُ الْمَظْلُومِ بِحَسْبِهِ


Berdo’a keburukan untuk orang lain. Jika untuk orang yang tidak berbuat dzolim maka harom, dan jika untuk orang yang berbuat dzolim maka boleh asal sesuai kadar perbuatan dzolimnya dan tidak diperbolehkan jika melampaui hal itu.


والله اعلم بالصواب

Posting Komentar

Harap berkomentar yang bisa mendidik dan menambah ilmu kepada kami

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler