HUKUM MELAKSANAKAN SHALAT DIAKHIR WAKTU
Assalamualaikum.
Deskripsi masalah.
Seseorang melakukan sholat diakhir waktu, hal itu dilaksanakan karena tertidur atau lupa, sehingga ketika bangun ia ingat belum sholat Dzuhur.Tapi ketika dia memulai melakukan sholat dengan takbiratul ihrom lalu masuk sholat Asar .
Pertanyaan.
Apakah terbilang sah sholat duhur ketika seseorang bertakbir ( sholat Dzuhur) lalu masuk sholat Asar. ?
Waalaikum salam.
Jawaban.
Dalam kitab fathul Qorib dijelaskan bahwa waktu shalat itu ada lima ;
الصلاة المفروضة خمس الظهر وأول وقتها زوال وقتها زوال الشمس وآخره إذا صار ظل كل شيء مثله بعد الزوال والعصر وأول وقتها الزيادة على ظل المثل وآخره في الاختيار إلى ظل المثلين وفي الجواز إلى غروب الشمس والمغرب ووقتها واحد وهو غروب الشمس وبمقدار ما يؤذن ويتوضأ ويستر العورة ويقيم الصلاة ويصلي خمس ركعات والعشاء أول وقتها إذا غاب الشفق الأحمر وآخره في الاختيار إلى ثلث الليل وفي الجواز إلى طلوع الفجر الثاني والصبح وأول وقتها طلوع الفجر الثاني وآخره في الاختيار إلى الأسفار وفي الجواز إلى طلوع الشمس.
Artinya: Shalat fardhu (wajib) ada 5 (lima) yaitu:
(a) Shalat Dhuhur. Awal waktunya adalah condongnya matahari sedang akhir waktu dzuhur adalah apabila bayangan benda sama dengan ukuran bendanya.
(b) Shalat Ashar. Awal waktunya adalah apabila bayangan sama dengan benda lebih sedikit. Akhir waktu Ashar dalam waktu ikhtiyar adalah apabila bayangan benda 2 (dua) kali panjang benda; akhir waktu jawaz adalah sampai terbenamnya matahari.
(c) Shalat maghrib. Awal waktunya adalah terbenamnya matahari (sedang akhir waktunya) adalah setelah selesainya adzan, berwudhu, menutup aurat, mendirikan shalat dan shalat 5 (lima) raka’at.
(d) Shalat Isya’. Awal waktunya adalah apabila terbenamnya sinar merah sedangkan akhirnya untuk waktu ikthiyar adalam sampai 1/3 (sepertiga) malan; untuk waktu jawaz adalah sampai terbitnya fajar yang kedua (shadiq).
(e) Shalat Subuh. Awal waktunya adalah terbitnya fajar kedua (fajar shadiq) sedang akhirnya waktu ikhtiyar adalah sampai isfar (terangnya fajar); akhir waktu jawaz adalah sampai terbitnya matahari. Kemudian waktunya sholat itu juga dibagi lima sebagai berikut:
1️⃣Waktu Fadilah : Adalah awal masuknya sholat.
2️⃣Waktu Ikhtiyar : Adalah mulai terbitnya fajar kedua sedangkan akhirnya Adalah sampai bersinar, ini waktu subuh.
3️⃣Waktu waktu Jawaz /karohah : Adalah mulai berakhirnya waktu ikhtiyar sampai terbitnya matahari.
4️⃣Waktu jawaz tanpa karohah Adalah hingga terbitnya awan mirah
5️⃣ Waktu tahrim.Yaitu waktu yang hanya bisa memuat pelaksanaan sholat.
فتح القريب
والصبح أى صلاته وهو لغة أول النهار وسميت الصلاة بذلك لفعلها فى أوله ولها كالعصر خمسة اوقات أحدها وقت الفضيلة وهو أول الوقت والثانى وقت الإختيار وذكره المصنف فى قوله ( واول وقتها طلوع الفجر الثانى وآخره فى الإختيار إلى الأسفار ) وهو الإضاء والثالث وقت الجواز وأشار المصنف بقوله ( وفى الجواز ) بكراهة( إلى طلوع الشمس ) والرابع جواز بلاكراهة إلى طلوع الحمرة والخامس وقت تحريم وهو تأخيرها إلى أن يبقى من الوقت مايسعها.
Dari pembagian waktu diatas maka jelas bahwa orang yang melakukan sholat diakhir waktu yang hanya bisa memuat satu sholatan maka orang tersebut sudah melakukan sholat pada waktu tahrim ( waktu harom) apalagi tidak memuat satu sholatan hanya setelah takbir lalu waktu sholatnya habis, maka dalam hal ini ulama berbeda pandang.
✔️Menurut mayoritas ulama selama mendapati satu rakaat dengan sujudnya, kemudian waktu sholat habis , maka dalam hal ini semua sholatnya dihitung sholat ada’an. Artinya shalatnya sah namun harom karena dilalakukan diakhir waktu.
✔️Menurut Asyhab dihitung ketika orang mendapati sholatnya ketika rukuk .
✔️Menurut Hanafiyah dan sebagian Hambali orang yang sholat masih memungkinkan mendapati takbiratul ihrom.
✔️ Syafiiyah dan sebagian Hanafiyah jika tidak mendapati satu rakaat sholat ada’an menjadi sholat qodo’.Alasannya karena melakukan sholat diluar waktunya.
✔️Menurut Abu Hanifah mengecualikan sholat subuh jika tidak menyempurnakan sholatnya secara ada’an artinya ketika mendapati sholat subuh satu rakaat kemudian waktunya habis. Maka sholatnya dianggap batal. Ini hanya sholat subuh, bukan selain sholat subuh.
بشرى الكريم – (ج ١ /ص ١٧٧)
ﻭﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﺭﻛﻌﺔ( ﺑﺄﻥ ﻓﺮﻍ ﻣﻦ اﻟﺴﺠﺪﺓ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ (ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ .. ﻓﻬﻲ) ﺃﻱ: اﻟﺼﻼﺓ ﻛﻠﻬﺎ (ﺃﺩاء، ﺃﻭ) ﺻﻠﻰ ﻓﻴﻪ (ﺩﻭﻧﻬﺎ .. ﻓﻘﻀﺎء) ﺳﻮاء ﺁﺧﺮ ﻟﻌﺬﺭ، ﺃﻡ ﻻ؛ ﻟﺨﺒﺮ اﻟﺸﻴﺨﻴﻦ: “ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ اﻟﺼﻼﺓ .. ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ اﻟﺼﻼﺓ” ﺃﻱ: ﻣﺆﺩاﺓ، ﻭاﺧﺘﺼﺖ اﻟﺮﻛﻌﺔ ﺑﺬﻟﻚ؛ ﻻﺷﺘﻤﺎﻟﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﺇﺫ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺗﻜﺮﻳﺮ ﻟﻬﺎ، ﻓﺠﻌﻞ ﻣﺎ ﺑﻌﺪ اﻟﻮﻗﺖ ﺗﺎﺑﻌﺎ ﻟﻬﺎ ﺑﺨﻼﻑ ﻣﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ.
ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺗﺄﺧﻴﺮﻫﺎ( ﺃﻱ اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺔ ﻭاﻟﻤﻨﺬﻭﺭﺓ ﻟﻐﻴﺮ ﻋﺬﺭ (ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﻘﻊ ﺑﻌﻀﻬﺎ) ﻭﻟﻮ اﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ اﻷﻭﻟﻰ (ﺧﺎﺭجة) ﺃﻱ: اﻟﻮﻗﺖ ﻭﺇﻥ ﻭﻗﻌﺖ ﺃﺩاء.
الموسوعة الفقهية – 1214/31949
بم يتحقق الأداء إذا تضيق الوقت
8 – اختلف الفقهاء فيما يمكن به إدراك الفرض إذا تضيق الوقت، فعند الجمهور يمكن إدراكه بركعة بسجدتيها في الوقت، فمن صلى ركعة في الوقت ثم خرج الوقت يكون مؤديا للجميع، لما روى أبو هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم. قال: من أدرك ركعة من الصبح قبل أن تطلع الشمس فقد أدرك الصبح، ومن أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر (1) ، وذهب أشهب إلى أنها تدرك بالركوع وحده وعند الحنفية وبعض الحنابلة يمكن إدراك الصلاة بتكبيرة الإحرام، لما روى أبو هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: إذا أدرك أحدكم أول سجدة من صلاة العصر قبل أن تغرب الشمس فليتم صلاته، وإذا أدرك أول سجدة من صلاة الصبح قبل أن تطلع الشمس فليتم صلاته (2) وفي رواية: فقد أدرك؛ ولأن الإدراك إذا تعلق به حكم في الصلاة استوى فيه الركعة وما دونها. وقال بعض الحنفية والشافعية: إنه يكون مؤديا لما صلى في الوقت قاضيا لما صلى بعد خروج الوقت، اعتبارا لكل جزء بزمانه، واستثنى الحنفية من ذلك صلاة الصبح وحدها، فإنها لا تدرك إلا بأدائها كلها قبل طلوع الشمس، وعللوا ذلك بطروء الوقت الناقص على الوقت الكامل، ولذا عدوا ذلك من مبطلات الصلاة (3)(1) حديث أبو هريرة: ” من أدرك. . . ” متفق عليه (تلخيص الحبير 1 / 175)
(2) حديث أبي هريرة ” إذا أدرك أحدكم. . . ” رواه النسائي، وهذا لفظه (1 / 257) ط المكتبة التجارية، ورواه مسلم من حديث عائشة (1 / 424)
(3) ابن عابدين 1 / 242، ومنح الجليل 1 / 111، والمهذب 1 / 60، ونهاية المحتاج 1 / 360، 361، والدسوقي 1 / 182، والمغني 1 / 377، 378، ومنتهى الإرادات 1 / 136، ومراقي الفلاح 180 بحاشية الطحطاوي.
Dari paparan ibaroh diatas dapat disimpulka bahwa:
✔️Menurut mayoritas ulama’ orang sholat mendapati satu raakat maka disebut sholat ada’an. Akan tetapi jika tidak mendapati satu raakaat kemudian waktunya habis, maka sholat ada’an tersebut menjadi sholat qodo’.
✔Menurut Hanafiyah mengecualikan hanya sholat subuh . Jika tidak sempurna sholat ada’nya maka sholat subuhnya dihitung batal.
Wallahu A’lam bisshowab
___________________
12 Febuari 2025